KPU Karawang Tetapkan Hasil Rekapitulasi Perolehan Suara

KARAWANG-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang menggelar rapat plano penetapan hasil rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2024, Selasa (5/3/2024) pukul 13.00 WIB di Aula KPU Kabupaten Karawang.

Hasil rekapitulasi perolehan suara yang ditetapkan adalah Pemimpin Presiden dan Wakil Presiden (PPWP) Pemilihan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) daerah pemilihan Jabar 7, Pemilihan Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Pemilihan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jabar dapil 10 dan Pemimpin Anggota DPRD Kabupaten Karawang.

Ketua KPU Kabupaten Karawang, Mari Fitriana mengatakan, dalam Rapat Plano tersebut pihaknya hanya melakukan penetapan hasil rekapitulasi perolehan suara PPWP, DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten.

“Dalam Plano ini kami hanya menetapkan hasil rekapitulasi perolehan suara. Belum penetapan calon terpilih,” ujar Mari.

Untuk penetapan perolehan kursi dan calon terpilih, lanjut Mari, akan ada tahapan yang diatur oleh Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU).

“Penetapan perolehan kursi dan calon terpilih nanti ada tahapannya. Nantinya akan diatur oleh PKPU,” jelasnya.

Meski hasil rekapitulasi perolehan suara sudah ditetapkan, KPU Kabupaten Karawang masih membuka ruang bagi partai politik yang akan memberikan sanggahan.

“Bilamana ada partai politik yang merasa keberatan dengan hasil yang sudah ditetapkan hari ini, kami masih membuka ruang untuk itu,” kata Mari.

Selesai penetapan dan penyerahan berkas salinan hasil rekapitulasi perolehan suara kepada Bawaslu dan para saksi partai politik pada pukul 23.00 WIB, KPU Kabupaten Karawang langsung berangkat menuju KPU Provinsi Jabar untuk tahapan rekapitulasi di tingkat provinsi.(zak) 

Baca juga

Leave a Comment