Komisi IV DPRD Dorong Damkar Jadi OPD

KARAWANG-Komisi IV DPRD Karawang mendorong unit Pemadam Kebakaran (Damkar) jadi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tersendiri. Hal ini bertujuan agar penanganan kebakaran bisa lebih maksimal.

Anggota Komisi IV DPRD Karawang, Indriyani mengatakan, pelayanan penanganan kebakaran di Karawang sudah harus naik level. Apalagi seiring banyaknya pembangunan gedung bertingkat di Kabupaten Karawang, maka antisipasi musibah bencana ini sangat penting.

“Besar harapan kami agar damkar menjadi dinas, karena di pusatnya pun di Kementerian ini sudah menjadi dinas. Sehingga anggaran dari pusat bisa kita ambil ke Karawang,” kata Indriyani pada Selasa (30/5/2023).

“Kalau untuk menjadi dinas kan anggaran bisa lebih besar, berbeda dengan yang sekarang masih di bawah BPBD anggarannya sangat minim,” sambungnya.

Berkaca dari Kabupaten Purwakarta dan Subang, kedua kabupaten tersebut sudah membentuk Damkar sebagai dinas tersendiri.
Sehingga ketika menjalankan fungsi dan tugasnya, pemadam kebakaran sudah ditopang kapasitas sarana-prasarana memadai.

“Salah satunya kemarin kita ke Purwakarta, mereka sudah jadi dinas, mereka dapat bantuan DAK (dana alokasi khusus) juga dikasih mobil tangga. Nah ini besar harapan bisa dicontoh di Karawang untuk menyerap sarprasnya,” papar Indriyani.

Selain itu, Indriyani juga meminta kepada pihak swasta agar meminimalisir potensi kebakaran dengan menyiapkan APAR (alat pemadam api ringan) dan hydrant di setiap gedungnya.
Sebab mitigasi bencana menjadi salah satu klausul dalam kepengurusan perizinan gedung.

“Ini kan perizinan gedung-gedung terus dievaluasi, karena alat pemadam kebakaran kan harus siap, minimal itu aja,” pungkasnya.(zak)

Baca juga

Leave a Comment