Kodim 0619 Purwakarta Berencana Bangun Jalan Saat TMMD

Warga Desa Cisaat Sambut Baik Rencana Program TMMD Kodim 0619 Purwakarta.

PURWAKARTA – Kodim 0619 Purwakarta akan segera melaksanakan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 106 di Wilayah Kabupaten Purwakarta pada bulan Oktober 2019 nanti.

Dandim 0619 Purwakarta, Letkol Yogi Nugroho mangatakan, TMMD kali ini akan dilaksanakan dengan membangun sarana transportasi darat yang menghubungkan antara dua Desa dan dua Kecamatan yaitu Desa Cisaat Kecamatan Campaka dan Desa Ciparungsari Kecamatan Cibatu.

“TMMD yang akan kita kerjakan yaitu, panjang jalan dari desa Cisaat ke desa Ciparung sari sepanjang 650 meter dengan lebar empat meter dan ketebalan 25 cm,” kata Dandim melalui selulernya. Sabtu, (14/9/2019).

Dandim berharap, dengan adanya TMMD tersebut akan lebih terjalinnya lagi hubungan sosial TNI dengan rakyat dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat disekitarnya.

Kehadiran Program TMMD bukan sekedar menghadirkan bangunan fisik, tetapi yang lebih penting yaitu terbangunnya semangat gotong royong, meningkatnya kepedulian sosial dan semangat kebersamaan membangun desa sebagai basis ketahanan wilayah menuju ketahanan nasional.

“Kita perlu terus bangun komunikasi sosial dengan masyarakat desa, agar pembangunan di desa dapat terlaksana dengan cepat sesuai harapan rakyat,” jelas Dandim.

Sementara itu menurut salah satu warga Desa Cisaat, Kec Campaka Tamin (60), pembangunan melalui program TMMD sangat dibutuhkan masyarakat dam akan berdampak untuk meningkatkan kesejahteraan warga, terlebih setelah akses jalan penghubung tersebut terealisasi dan akan menjadi akses warga salah satunya untuk menjual hasil panen.

“Trasportasi perjalanan akan lebih cepat apabila jalan utama Desa Cisaat yang menghubungkan ke Desa Ciparung bagus.
Selama ini warga banyak mengeluh dikarenakan jalan jelek, apabila musim kemarau berdebu, kalau musim hujan becek dan susah dilewati karena berlumpur,” terang Tamin.

Tari (46) Bumdes Desa Cisaat mengharapkan TMMD tersebut segera dimulai dan segera selesai. Karena jalan tersebut juga sebagai akses warga untuk menuju pusat kota. Warga menyambut baik dan berterimakasih kepada Pemerintah khususnya TNI.

“Terima kasih buat semua pihak terutama TNI, kami sangat senang dan mendukung, karena nanti jalan itu akan memudahkan traspotasi ke kota dan mudah – mudahan semua prosesnya lancar,” ucapnya. (wes/naz)

Baca juga

Leave a Comment