Kasus Positif, ODP dan PDP Corona di Purwakarta Bertambah

Satgassus Covid-19 Purwakarta menyampaikan pengkembangan Covid-19 per 8 April 2020

PURWAKARTA-Jumlah kasus positif, Orang Dalam Pengawasan (OPD) serta Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Coronas Virus Desease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Purwakarta per 8 April 2020 kembali bertambah. Hal itu disampaikan Satgassus Covid-19 Purwakarta, dr. Erlitasari Kusuma Wardani, dalam pers conference, Rabu (8/4/2020).

“Hari ini ada penambahan 1 pasien positif (Covid-19) dari awalnya 3 menjadi 4 orang, sementara jumlah ODP naik dari sebelumnya 204 menjadi 206 orang dan PDP dari 7 orang bertamambah 2 menjadi 9 orang,” terang dr. Erlitasari Kusuma Wardani.

Meski begitu hingga saat ini Purwakarta masih dinyatakan relatif aman, karena belum masuk zona merah maupun wilayah transmisi lokal penyebaran virus corona.

“Kami terus melakukan antisipasi, di antaranya Dinas Kesehatan tetap melakukan rapid test (pemeriksaan) dan tracing (pelacakan) bagi yang kontak erat dengan PDP,” ujarnya.

Baca Juga: Cegah Penyebaran Covid-19, Masuk Wilayah Kecamatan Darangdan Wajib Steril

Sebelumnya, Jajaran Dinas Perhubungan Kabupaten Purwakarta lakukan pengawasan dan monitoring migrasi warga dari zona merah yang menggunakan moda transportasi umum serta melakukan pemeriksaan suhu tubuh para penumpang dan penyemprotan disinfektan terhadap sejumlah kendaraan angkutan umum dan bus di sejumlah titik di wilayah Purwakarta.

“Kegiatan ini dilakukan di dua titik, titik pertama di exit Tol Sadang dan kedua di Terminal Ciganea,” kata Kadishub Kabupaten Purwakarta, Iwan Soeroso Soediro.

Di dua titik itu satu persatu para penumpang dan pengemudi di cek suhu tubuh menggunakan therm gun. Awak kendaraan baik angkutan umum, elf dan bus juga disemprot cairan disinfektan.

Untuk di titik pertama angkutan umum (angkot dan elf) ada sekitar 50 dan 10 bus yang kami semprot menggunakan disinfektan, sementara titik kedua yaitu Terminal Ciganea sebanyak 15 bus.

“Kami juga menghimbau agar warga tetap melakukan jaga jarak (physical distancing) agar tetap aman terhindar penularan Covid-19,” pungkasnya.(wes/zak)

Baca juga

Leave a Comment