Cegah Penyebaran Covid-19, Masuk Wilayah Kecamatan Darangdan Wajib Steril

Para relawan semprotkan cairan disinfektan kepada kendaraan yang hendak masuk wilayah Kecamatan Darangdan

PURWAKARTA-Untuk melakukan pencegahan penyebaran Corona Virus Desease 2019 (Covid-19), masyarakat Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta, mewajinkan siapa pun yang masuk ke wilayahnya dalam kondisi steril. Untuk itu, di setiap akses masuk di wilayah tersebut, semua kendaraan wajib berhenti sejenak untuk dilakukan penyemprotan cairan disinfektan.

“Kalau sudah melalui penyemprotan disinfektan baru pengendara boleh masuk ke wilayah kami, kalau tidak bersedia mengikuti aturan ini terpaksa kami tidak mengijinkannya masuk ke wilayah kami, ini demi keselematan semua warga dari penyebaraan Covid-19,” ujar salah satu warga Desa Linggamukti, Kecamatan Darangdan, Ai Siti Arilah (35) disela aksi sosial yang dilakukannya, Rabu (8/4/2020).

Secara sukarelawan, tambahkan Ai, penyemprotan disinfektan tersebut dilakukan warga dengan cara bergiliran dan dibagi beberapa tim serta dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali.

Baca Juga: Update Covid-19 di Purwakarta, ODP 204 Orang, PDP 7 Orang dan Positif 3 Orang

Kegiatan tersebut diharapkan efektif dalam memutus rantai penyebaran virus Covid-19 khususnya di wilayah tersebut. Terlebih, angka ODP di Kecamatan Darangdan cukup tinggi karena diduga seiring dengan kepulangan sejumlah warga dari wilayah zona merah penyebaran Covid-19.

“ODP di wilayah kami cukup tinggi, oleh karena itu warga disini berinisiatif membentengi wilayahnya dengan penyemprotan disinfektan kepada warga yang keluar masuk kampung terlebih bagi yang baru kembali dari wilayah zona merah,” jelasnya.

Hal serupa juga dilakukan warga di Desa Cilingga, Kecamatan Darangdan. Sejumlah akses masuk Desa tersebut turut di jaga sejumlah warga dan dilakukan penyemprotan cairan disinfektan bagi warga atau kendaraan yang masuk ke wilayah tersebut.

“Sama seperti yang dilakukan di beberapa tetangga desa, kami disini coba berupaya membentengi wilayah kami dengan melakukan penyemprotan disinfektan di tiap akses masuk menuju wilayah desa kami,” kata Sri Rahayu (31) salah satu warga Desa Cilingga.

Menurutnya, selain pemberlakukan penyemprotan disinfektan di tiap akses masuk menuju wilayahnya, warga setempat juga di imbau untuk menggunakan masker terutama saat keluar rumah dan melakukan social distancing terutama bagi warga yang baru kembali dari wilayah zona merah.

“Sesuai imbauan dari pemerintah, kita juga sampaikan seperti itu kepada masyarakat, minimal kita sosialisasikan kepada orang-orang terdekat seperti keluarga. Insyaalah dengan kita mematuhi imbauan dan anjuran dari pemerintah pandemi ini dapat kita cegah dan situasi kembali normal,” pungkasnya.(wes/zak)

Baca juga

Leave a Comment