Ironi, Meski Ramai Pengunjung, Curug Haji Gekbrong Minim Fasilitas Umum

Lokasi Curug Haji. (Foto : Fauzi/Praja).

CIANJUR-Curug Haji, Desa Cintaasih, Kecamatan Gekbrong, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat dalam setiap bulan tingkat pengunjugnya mengalami peningkatan, bahkan hingga wisatawan asing. Namun, sejumlah fasilitas penunjang umum seperti papan penunjuk arah, tempat parkir, dan tempat sampah masih minim ditemukan.

Padahal sejumlah wisatawan luar daerah seperti Bogor, Sukabumi dan Bandung bahkan turis asal luar negeri pun sering berdatangan ke Curug Haji.

Curug Haji dari Kota Cianjur berjarak sekitar 20 kilometer dan mampu ditempuh dengan mengunakan kendaraan roda empat atau roda dua. Namun bagi pelancong yang mengunakan roda empat harus melanjutkan dengan berjalan kaki sekitar dua hingga tiga kilometer.

Saat berjalan kaki menuju Curug Haji, pengunjung disuguhkan dengan pemandangan yang masih alami dan dapat melihat aliran sungai irigasi dari Curug tersebut.

“Selain disuguhkan dengan pemandangan yang masih alami, hutan disekitar Curug Haji masih terdapat hewan langka seperti Elang Jawa, Oa Jawa dan Macan tutul,” kata Umar, kelompok pecinta alam sekaligus pemandu wisata Curug Haji, Minggu (22/9/2019).

Baca juga : Habiskan Dana Rp500 Juta, Kini Warga Cibeber Kembali Nikmati Air Sungai Cikondang

Ia mengatakan, tingkat kunjungan ke Curug Haji dapat mencapai hingga puluhan orang dalam setiap harinya, terlebih pada saat diakhir pekan lumayan ramai dikunjungi wisawatan dari luar daerah.

“Pada hari biasa tingkat kunjungan ke Curug Haji dapat mencapai hingga 25 orang, sedangkan pada akhir pekan dapat mencapi sekitar 50 hingga 70 orang dari berbagai luar daerah bahkan wisatawan asing,” ucapnya

Tak hanya warga lokal dan luar daerah tambah Umar, wisatawan luar negri seperti dari Kolombia, Amerikan dan Francis sering mendatangi Curug Haji.

“Saya berharap intasi atau Dinas untuk segera melakukan penataan, penambahan sejumlah fasilitas penunjang umum yang lainnya agar para wisatawan mudah mengunjungi Curug haji, dan tingkat kunjungan wisatawan juga meningkat,” pungkasnya (zie/tif).

Baca juga

Leave a Comment