Homoseks dan Karyawan Dominasi Kasus HIV/AIDS di Karawang

Ilustrasi

KARAWANG-Sepanjang Januari-September 2019, Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Karawang mencatat ada 132 kasus HIV/AIDS di Karawang. Dari jumlah kasus tersebut, risiko penularan didominasi pelaku homoseks, sementara dari sisi profesi didominasi oleh karyawan.

“Dari 132 kasus HIV/AIDS, pelaku homoseks mendominasi ada 78 kasus, sementara karyawan ada 60 kasus,” kata staf KPA Kabupaten Karawang, Yana Aryana, kepada Prasastijabar.com, Jumat (20/9/2019).

Yana melanjutkan, sedangkan dari sisi jenis kelamin, laki-laki mendominasi kasus HIV/AIDS sebanyak 76 persen dan perempuan hanya 24 persen. Sementara dari kelompok umur, usia dengan rentang 20-29 tahun ada 66 kasus, disusul usia rentang 30-39 tahun di posisi kedua.

Baca juga : Nahas, Diduga Hindari Tawuran, Dua Siswa SMP Tewas Dihantam Truk

“Bila dilihat dari sebaran HIV/AIDS, Kecamatan Karawang Barat paling banyak kasus HIV/AIDS, yakni ada 14 kasus, disusul Kecamatan Telukjambe Timur ada 11 kasus,” ujarnya.

Yana menjelaskan, dalam upaya meminimalisir kasus HIV/AIDS di Karawag, pihaknya bekerjasama dengan 50 Puskesmas dengan cara melakukan.penyuluhan,sosialisasi ke setiap sekolah atau kampus dan organisasi atau lembaga masyarakat.

“Dengan cara pengetesan HIV/AIDS secara gratis .masyarakat bisa mendatangi Puskesmas yang ada Di Kabupaten Karawang,” imbuhnya.

Baca juga: EKSKLUSIF : Ini Komposisi Baru Manajemen Persika Musim 2019-2020, Gunadi Digantikan Acep

JIka positif idap HIV/AIDS, sambung Yana, KPA Karawang siap melakukan pendampingan ,tentunya harus ada perwakilan dari keluarga pasien.

“Untuk tindak lanjut pengobatan secara intensif dirujuk ke RSUD Kabupaten Karawang. Kemudian akan diberi resep obat untuk diminum sesuai anjuran. Terpenting pengidap mau berusaha untuk sembuh,” pungkasnya. (jat/tif).

Baca juga

Leave a Comment