Hardiknas Ditengah Pandemik Covid-19, Semangat Mendidik dan Belajar Jangan Surut

ilustrasi

PURWAKARTA-Momentum Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) harus mampu memompa semangat mendidik bagi para guru dan semangat belajar bagi para siswa. Meski Hardiknas tahun ini harus diperingati tanpa berbagai kegiatan yang meriah karena pandemik Covid-19.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, Purwanto tetap berharap agar momentum hari pendidikan nasional tidak menyurutkan semangat para guru dalam mendidik para siswa untuk meningkatkan sumberdaya anak bangsa.

Purwanto juga meminta kepada seluruh guru agar tetap memberikan pendidikan yang baik pada para siswa di tengah serangan wabah virus corona.

“Pendidikan itu upaya kita memaknai hidup, apa yang terjadi di sekitar kita dan bagaimana kita bisa menempatkan diri agar bisa survival dan bermanfaat untuk lingkungan sesuai dengan fitrah kemanusiaan kita,” ungkap dia, Sabtu (2/5/2020).

Menurutnya, sesungguhnya wabah virus corona ini mengajarkan bagaimana pentingnya menjaga kesehatan agar tubuh terhindar dari segala virus.

“Bukankah kita hari ini disadarkan betapa cuci tangan itu penting padahal dari dulu kita sudah dianjurkan selalu cuci tangan,” kata Purwanto.

Peringatan hari pendidikan nasional pada tahun ini juga diingatkan betapa pentingnya pendidikan online harus sudah diimplentasikan.

Padahal dari dulu sudah memandang bahwa menguasai pembelajaran online dan secara mandiri itu bermanfaat.

“Dari dulu kita sudah tahu tanpa mau melakukannya, dan masih banyak hal lain yang menjadi pelajaran berharga buat kita di tengah mewabahnya virus corona ini,” pungkas dia.(red)

Baca juga

Leave a Comment