fbpx

Gubernur Bakal Tindak Tegas Galian C Ilegal

Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat menghadiri Kopdar Triwulan IV Provinsi Jawa Barat di Cianjur

CIANJUR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) bakal menindak tegas perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan atau galian C yang tidak memiliki izin. Terlebih bila memberikan dampak pada lingkungan. Hal tersebut diungkapkan, Gubernur Jabar, Ridwan Kamil usai menghadiri Kopdar Triwulan IV Provinsi Jawa Barat, di Le eminance, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Selasa (3/12/2019).

“Kami akan menindak tegas pengusahan yang memberikan berdampak bagi lingkungan dan masyrakat sekitar, terutama untuk yang tidak memiliki izin lengkap,” ucapnya.

Baca Juga: Pekerja Galian C di Cianjur Tertimbun Longsor

Dirinya mengimbau, agar masyarakat segera melapor, apabila ditemukan adanya aktivitas tambang pasir yang merusak lingkungan dan tidak memiliki izin.

“Kami tidak bisa bekerja sendiri tentunya harus ada juga pengawasan dari masyarkat, oleh karena itu, saya berharap warga segera melaporkannya bila menemukan hal tersebut,” katanya.

Baca Juga: Kesulitan Cari Korban Tertimbun Longsor, Tim Gabungan Pinjam Alat Pompa Dari Bogor

Sementara itu, Sekretaris Bapenda Kabupaten Cianjur, Gagan Rusganda menjelaskan, pajak galian mineral non logam dan batuan atau galian C merupakan salah satu jenis pajak daerah yang sampai saat ini realisasinya belum mencapai target yang ditetapkan.

“Target dari jenis pajak tersebut untuk tahun ini sebesar Rp. 5.944.500.000. Namun dengan 12 galian C yang memiliki izin, realisasi sampai dengan November 2019, hanya sebesar Rp. 202.448.550,” tuturnya.

Dia menambahkan, faktor yang menyebabkan target pendapatan dari pajak galian mineral non logam dan batuan belum tercapai karena masih banyaknya lokasi tambang yang tidak berizin.(zie/zak)

Baca juga

Leave a Comment