fbpx

DPP J.P.K.P Desak Polres Karawang Usut Tuntas Pelaku Pembuangan Limbah Medis di TPS

Polres Karawang olah TKP penemuan limbah medis di TPS.

KARAWANG-Ditemukannya limbah medis yang diduga berasal dari RS Lira Medika di TPS Jalan Baru Tanjung Pura-Klari bikin publik Karawang terbelalak. Pasalnya, limbah medis yang dihasilkan rumah sakit dapat menyebabkan gangguan perlindungan kesehatan dan atau risiko pencemaran terhadap lingkungan hidup.

DPP Jaringan Pengawas Kebijakan Pemerintah (J.P.K.P) angkat bicara terkait sengkarut limbah medis tersebut, yang kini kasusnya sedang diselidiki oleh Polres Karawang. Pihaknya mendesak agar Polres Karawang usut tuntas masalah tersebut, tidak hanya selesai di tingkatan transporter.

“Polres Karawang harus serius menangani masalah ini, karena sudah menjadi perhatian publik Karawang dan nasional,” kata Plt Sekretris Umum, DPP J.P.K.P, Andri Bayu Prayitna, kepada Prasastijabar.co.id, Sabtu (15/2/2020).

Baca juga : Polisi Didesak Tangani Serius Temuan Limbah Medis Yang Dibuang Sembarangan

Menurut Andri, berkaca dari kasus-kasus sebelumnya yang pernah terjadi, penyelesaian kasus limbah medis atau limbah B3 jarang tuntas hingga ke pelaku utamanya.

“Kasus pembuangan limbah B3 di perumahan Purwasari hingga kini belum jelas penuntasannya,” ucapnya.

Andri mengatakan, info yang diterimanya limbah medis yang ditemukan di TPS Jalan Baru dibungkus dan disatukan dengan limbah domestik.

Baca juga : KPLHI Karawang Tuntut RS Lira Medika Tanggung Jawab Ditemukannya Limbah Medis di TPS

“Jika benar info tersebut berarti sudah jelas telah melanggar Keputusan Menkes soal persyaratan kesehatan lingkungan rumah sakit,” tandasnya.

Oleh karena itu, Andri menegaskan DPP J.P.K.P akan mengawal kasus tersebut di kepolisian hingga tuntas sampai ke akar-akarnya.

“Pastikan kami akan mengawalnya,” pungkasnya. (red).

Baca juga

Leave a Comment