Daeng Muhammad: Komisi IV Gencar Sosialisasi Pentingnya CSR bagi Masyarakat

PURWAKARTA-Anggota Komisi IV DPR RI, Daeng Muhammad  menyebutkan, pihaknya saat ini gencar menyosialisasikan peran penting CSR atau tanggungjawab sosial perusahaan badan usaha milik negara (BUMN) bagi masyarakat.

“Bagaimana CSR BUMN ini mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat. Kita butuh akselerasi pasca pandemi covid 19 ini,” kata Daeng saat menggelar kegiatan sosialisasi CSR BUMN di aula grand ciwareng inn, jl kopi no 5, desa maracang, kecamatan Babakancikao, Kabupaten Purwakarta, Kamis (30/12/2021).

Disebutkan Daeng, ada tiga sektor yang menjadi fokus utama komisi VI DPR RI dari CSR BUMN ini berdasarkan UU no 40 tahun 2017 tentang perseroan terbatas (PT) pasal 74.

“Ketiga sektor tersebut adalah lingkungan, pendidikan dan UMKM,” ujar anggota DPR RI Fraksi PAN ini.

Pria yang dikenal tegas ini pun menambahkan peran CSR BUMN ditengah masyarakat bisa memberikan manfaat kepada masyarakat ditengah covid 19 ini yang kasus nya semakin melandai. Diantaranya mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“CSR BUMN kita dorong untuk pemulihan ekonomi, yakni mencakup sektor lingkungan hidup, pendidikan dan UMKM. Ini sebenarnya sudah saya lakukan dari semenjak tiga tahun terakhir dan akan lebih gencar lagi pasca covid 19 ini,” ucapnya.

Dijelaskan, program CSR BUMN ini digunakan untuk program pemberdayaan antara lain program kemitraan dan pembinaan lingkungan (PKBL) perbaikan ruang kelas hingga mengupgrade pelaku UMKM.

Namun lanjut Daeng, hal ini harus berbanding lurus dengan kesiapan masyarakat jangan sampai Program yang ada hanya menjadi seremonial belaka tanpa ada out put yang nyata.

“Dibutuhkan juga kesadaran kolektif karena program yang baik sekalipun tanpa adanya keseriusan dan fokus tidak akan berdampak positif bagi masyarakat,” katanya.

Lebih lanjut daeng mengatakan BUMN memliki letak strategis ibarat kan lokomotif lanjutnya BUMN dapat menjalankan berbagai program yang sudah sangat dinanti masyarakat.

“BUMN sejatinya merupakan motor penggerak yang luar biasa yang memiliki kekuatan sepertiga kekuatan ekonomi nasional. Selain itu infrastruktur BUMN paripurna dan tak tertandingi di berbagai bidang  Termasuk menjangkau jaringan mancanegara hingga kepelosok daerah dan pulau terluar,” pungkasnya.(zak)

Baca juga

Leave a Comment