BPBD Cianjur Kebanjiran Permintaan Air Bersih

CIANJUR-Badan Pengulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur, Jawa Barat, menyebutkan, kendati sebagian wilayah di Cianjur sudah mulai hujan, tetapi sejumlah wilayah masih meminta bantuan air bersih.

Sekertaris BPBD Cianjur, Sugeng Supriyatno, mengatakan, saat ini sejumlah wilayah di Cianjur, seperti Kecamatan Cugenang, Cipanas, dan Cianjur mulai turun hujan, padahal belum memasuki musim penghujan.

“Meskipun sejumlah wilayah sudah mulai diguyur hujan, tetapi beberapa desa masih melakukan permintaan bantuan air bersih,” katanya, Senin (30/9/2019).

Ia mengatakan, wilayah yang masih melakukan permintaan bantuan air bersih yaitu Kecamatan Sukaluyu, Ciranjang, Cibeber dan Bojongpicung. Dalam setiap harinya terdapat sebanyak tiga hingga lima titik yang membutuhkan bantuan air bersih dari wilayah tersebut.

“Sejauh ini kami masih mengacu kepada surat peringatan BMKG yang sebelumnya, soalnya untuk saat ini kami belum kembali menerima surat peringatan status kebencaan lagi,” ucapnya.

Terkait dengan antisipasi terjadinya bencana longsor dan banjir, pihaknya tetap melakukan antisipasi dan mitigasi pencegahan dengan cara melakukan sosialisasi ke masyarakat dibeberapa wilayah rawan bencana longsor.

“Jadi untuk sementara ini terkait dengan antisipasi terjadinya bencana banjir dan longsor masih bersifat imbauan saja yang diberikan ke setiap desa di daerah rawan bencana,” ujarnya.

Pihaknya menambahkan, setelah tiga hari terkahir sebagian wilayah Cianjur diguyur hujan, dirinya mengaku sejauh ini belum menerima adanya laporan bencana longsor maupun banjir. (zie/tif).

Baca juga

Leave a Comment