Biar Tidak Bau dan Tidak Pahit, Ini Tips Masak Jengkol

Semur Jengkol

PRASASTIJABAR.CO.ID-Siapa yang tidak suka jengkol? Hampir kebanyakan orang suka makanan satu ini. Jengkol bisa diolah dengan berbagai cara, baik digoreng maupun disemur.

Tetapi kadang ada yang enggak suka jengkol karena baud an pahit. Jika begitu berarti ada yang salah dalam memasaknya.
Berikut tips memasak jengkol agar tidak baud an pahit :

1. Kupas jengkol sampai bersih sempurna
Seringkali Anda tidak mau repot mengupas jengkol hingga bersih. Padahal salah satu trik mengolah jengko agar tidak bau dan tidak pahit serta empuk saat dimakan adalah dengan mengupas habis kulitnya. Pastikan tidak ada kulit tertinggal dan cuci bersih dengan melalui beberapa kali bilasan.

2. Rendam semalaman dengan campuran kapur sirih
Campurkan air dalam baskom dengan kapur sirih lalu rendam jengkol yang sudah Anda kupas sempurna ke dalamnya. Diamkan maksimal semalaman supaya getah jengkol berkurang dan melenyapkan baunya yang mungkin menurut Anda kurang sedap.

3. Cuci dengan air beras
Sisa air cucian beras Anda jangan langsung dibuang. Simpan dulu dan pakai lagi untuk membilas jengkol yang telah direndam semalaman dengan air kapur sirih. Trik ini dipercaya ampuh untuk menghilangkan bau jengkol dengan sempurna.

4. Rebus bersama daun jambu biji
Cara lain yang bisa Anda pakai untuk mengolah jengkol agar tidak bau dan tidak pahit serta empuk saat dimakan adalah merebusnya bersama daun jambu biji setelah direndam semalaman bersama kapur sirih. Jangan terlalu lama merebusnya.

5. Rebus dengan tiga jenis rempah bersamaan
Ada yang menyarankan juga untuk merebus jengkol bersama daun salam, serai atau daun jeruk purut. Padahal Anda bisa menggabungkan ketiga untuk hasil yang lebih maksimal. Rebus tiga jenis rempah-rempah tersebut bersama jengkol selama 10-15 menit.

6. Masak dengan api sedang
Maksimal masak jengkol selama 30 menit saja. Pasang api dengan suhu yang kecil untuk dapatkan jengkol yang tidak bau dan tidak pahit serta empuk saat dimakan.

7. Jangan sampai terlalu matang
Jangan masak jengkol terlalu lama. Karena sudah direndam dan direbus, jengkol sudah lumayan empuk. Jika anda mengolah jengkol terlalu matang, maka saat diangkat jengkol bisa menjadi cepat hancur dan tidak crunchy. (red).

Sumber : womantalk.com

Baca juga

Leave a Comment