fbpx

Bedakan Ular Berbisa dan Tidak, Ini Kata Komunitas Natrix Purwakarta

Ketua Natrix Purwakarta, Raynanada Gumilang saat menunjukkan salah satu ular berbisa

PURWAKARTA-Teror ular yang masuk kepemukiman warga sejak beberapa bulan terakhir menjadi momok menakutkan bagi masyarakat Kabupaten Purwakarta.
Hal tersebut dikarenakan gigitan hewan melata tersebut identik dengan bisa yang dapat membahyakan nyawa manusia.

Namun ternyata, dibalik sosok ular yang menakutkan tersebut, tidak semua ular memiliki bisa. Bahkan diantara nya justru jinak dan tidak berbahaya untuk di pelihara.

“Ketika berbicara mengenai ular berbisa atau tidak berbisa, tak jarang orang awam sulit sekali memahaminya. Padahal ada beberapa ciri yang dapat dijadikan patokan ketika ingin mengetahui ular yang ditemui berbisa atau tidak,” jelas Ketua Komunitas pencinta ular Natrix Purwakarta, Raynanada Gumilang, Selasa (14/1/2020).

Baca Juga: DPKPB Purwakarta Evakuasi Puluhan Ular dari Pemukiman Warga

Sejumlah ciri-ciri ular berbisa, lanjutnya, bisa dikenali dari beberap ciri khusus, diantaranya memiliki gigi taring kecil, memiliki bentuk kepala segitiga, memiliki lubang di dekat lubang hidung yang berguna untuk mencari para mangsa berdarah panas, serta umumnya ular berbisa memiliki satu baris sisik.

“Jika digigit, maka bekas gigitan bisa berupa dua lubang luka halus yang berbentuk sebuah lengkungan. Ular berbisa juga memiliki warna yang terang dan mencolok jika diperhatikan secara lebih detail. Serta ular berbisa memiliki mata yang lebih lonjong dengan pupil elips,” jelasnya.

Sedangkan jika digigit ular tak berbisa, salah satu cirinya ada bekas berupa dua lubang gigitan utama yang disebabkan oleh gigi taring dan jika diperhatikan secara detail maka ular tidak berbisa memiliki dua baris sisik.

Baca Juga: Teror Ular Melanda Pemukiman Warga, Ini Dia Penyebabnya

“Ular tidak berbisa pada umumnya memiliki sisik dengan pola sederhana. Ular tidak berbisa memiliki mata dan pupil cenderung bulat, Dengan mengetahui ciri-ciri yang sudah terjabarkan ini diharapkan masyarakat lebih waspada terhadap spesies ular berbisa yang kerap berkeliaran di lingkungan rumah,” pungkasnya.

Diketahui, ada sekitar 2000 jenis spesies ular di dunia, namun hanya sekitar 200 spesies ular saja yang berbisa. Beberapa jenis ular berbisa yang mudah ditemukan di lingkungan sekitar yaitu ular sendok, ular tanah, ular hijau, ular laut, ular pohon, ular welang hingga ular kobra dan king kobra.(wes/zak)

Baca juga

Leave a Comment