fbpx

Adam : Integritas KPU Jadi Momok Yang Sangat Prihatinkan Publik

Adam Bachtiar (kiri).

KARAWANG-Saat beban berat untuk pemulihan kepercayaan publik pada KPU kabupaten Karawang, berita OTT KPK dan penetapannya sebagai tersangka pada salah satu anggota KPU RI semakin menimbulkan kegaduhan dan bisa berpotensi menjadi tsunami politik menjelang Pilkada serentak 2020.

Khususnya bagi KPU kabupaten Karawang seiring dengan pemecatan oleh DKPP terhadap salah satu komisioner KPU Karawang karena kasus Pemilu 2019 kemarin.

“Integritas komisioner KPU saat ini menjadi momok yang sangat memprihatinkan publik,” kata mantan komisioner KPU Kabupaten Karawang, Adam Bachtiar, kepada Prasastijabar.com, Jumat (10/1/2020).

Baca juga : Sah, Komisioner KPU RI Wahyu Setiawan Ditetapkan Sebagai Tersangka Oleh KPK

Seyogyanya, lanjut Adam, setiap keputusan strategis KPU akan selalu dilakukan dengan cara pleno tertutup dan sesuai UU Pemilu Bab Penyelenggara Pemilu, keputusan KPU diambil berdasarkan kesepakatan bersama atau suara terbanyak dari anggota KPU.

“sehingga akan sangat sulit bagi seseorang untuk berkonspirasi hanya pada salah satu anggota KPU saja jika mengharapkan keputusan KPU sesuai dengan harapannya,” ujarnya.

Menurutnya, KPU seharusnya mampu membuktikan kredibilitas dan kapabilitasnya sebagai lembaga independen yang berintegritas dalam pemilihan, sehingga mampu membidani lahirnya pemimpin yang sesuai dengan keinginan dan harapan masyarakat.

Baca juga : Melalui PAW, Mulyana Sah Gantikan AM di KPU Kabupaten Karawang

“Jika KPU tidak mampu mengembalikan kepercayaan publik, dikhawatirkan pelaksanaan Pilkada Serentak akan menimbulkan konflik besar terlebih dengan turut sertanya petahana dalam kontestasi Pilkada,” sarannya.

Hal ini dapat dipahami, karena publik akan mencurigai adanya ‘keberpihakan’ penyelenggara pada salah satu kontestan, khususnya petahana. Mengingat sangat dimungkinkan adanya intervensi bahkan konspirasi sistematis dalam pemenangan jika integritas penyelenggaranya lemah.

“Semoga saja pelaksanaan Pilkada serentak khususnya di Karawang dapat berjalan aman, tertib dan damai,” pungkasnya berharap. (red).

.

Baca juga

Leave a Comment