5 Cara Mencegah Serangan Penyakit Musim Hujan

Dalam kondisi cuaca yang dingin dan berpotensi menyebabkan banyaknya genangan air saat musim hujan, hal tersebut dapat mendatangkan berbagai macam penyakit yang mengancam kesehatan kita.

Menurut keterangan dr. Rio Aditya melalui laman klikdokter.com menjelaskan bahwa ada beberapa penyakit yang sering muncul saat musim hujan, diantaranya adalah Diare, Malaria, Demam Berdarah, Kolera, Tifus dan Leptospirosis.

Baca juga: Waspadai 6 Penyakit Ini yang Sering Muncul Saat Musim Hujan

Maka perlu adanya langkah-langkah penanganan yang dapat menghindarkan kita dari beberapa penyakit tersebut.

Berikut dibawah ini beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah serangan penyakit musim hujan yang kami rangkum dari situs klikdokter.com:

1. Menjaga Kebersihan Lingkungan

Menjaga kebersihan lingkungan. Foto: darunnajah.com

Menjaga kebersihan lingkungan merupakan hal yang paling penting untuk menjaga kesehatan manusia. Demam berdarah merupakan salah satu penyakit yang dapat dicegah dengan cara menjaga kebersihan lingkungan.

Untuk mencegah penyakit yang disebabkan oleh Virus Dengue ini, kita dapat melakukan berbagai langkah yang mudah dan sederhana seperti menutup, mengubur dan menguras.

Kita harus menutup tempat penampungan air, mengubur barang bekas yang berpotensi mengakibatkan adanya genangan, dan menguras bak penampungan air secara rutin.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Joging salah satu olahraga yang dapat meningkatakan kekebalan tubuh (Foto: www.libya-today.com)

Setiap manusia memiliki sistem kekebalan tubuh yang berfungsi untuk menghalau berbagai kuman penyebab penyakit. Apabila manusia memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik, maka tubuh tidak akan mudah tererang penyakit.

Untuk menjaga kekebalan sistem kekebalan tubuh agar selalu dalam kondisi yang optimal, asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh harus selalu terpenuhi. Selain itu, olahraga teratur merupakan salah satu cara untuk meningkatkan daya tubuh manusia.

Pastikan makanan yang dikonsumsi merupakan makanan yang sehat dan memiliki porsi yang seimbang. Pastikan juga, sebagian besar makanan yang dikonsumsi terdiri dari sayuran maupun buah-buahan.

Lakukan olahraga dengan durasi 30 menit setiap harinya. Olahraga ringan seperti jalan kaki, jogging dan bersepeda juga dapat menjaga kondisi tubuh kita dalam kondisi yang optimal.

3. Gunakan Masker saat Berada di Keramaian

Penggunaan masker di keramaian sangat penting untuk mencegah penularan berbagai macam penyakit. Foto: detik.com

Ada beberapa penyakit infeksi saluran pernapasan yang dapat menular melalui percikan liur (droplet) yang keluar dari penderita saat batuk atau bersin.

Untuk mencegah penularan penyakit tersebut, sebaiknya menggunakan masker saat berada di keramaian. Bagi para penderita juga dianjurkan menggunakan masker saat berada di keramaian agar tidak menjadi agen penularan penyakit yang dapat merugikan orang lain.

4. Berishkan Tubuh Secara Teratur

Mandi secara teratur menggunakan sabun dapat menghilangkan kuman yang menempel pada tubuh. Foto: hellosehat.com

Membersihkan diri secara teratur merupakan langkah awal yang mudah dan efektif untuk mencegah tertularnya penyakit.

Rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir secara berkala ataupun sebelum dan sesudah makan. Mencuci tangan juga sebaikan dilakukan setelah dari tolilet, melakukan aktivitas atau menyentuh benda-benda kotor atau benda ditempat umum walaupun terlihat bersih.

Selain itu, mandi secara teratur dua kali sehari menggunakan sabun juga dapat meluruhkan kumah berbahaya yang menempel di tubuh.

5. Cukupi Kebutuhan Cairan

Tubuh manusia sebagian besarnya terdiri dari cairan, maka mencukupi kebutuhan cairan, juga harus selalu dijaga untuk menjaga kekebalan tubuh.

Minum air putih sekiranya 7-8 gelas atau setara dengan 2 liter air sehari, sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh kita. Namun jika aktivitas yang kita lakukan cukup berat dan sering mengeluarkan keringat, maka air putih yang diminum harus sedikit lebih banyak dari jumlah pada umumnya.

Baca juga

Leave a Comment