13 Oktober Hari Tanpa Bra, Apa Maknanya?

Peringatan hari tanpa bra ini bukan berarti hari tanpa mengenakan bra. Tapi ada makna yang mendalam dibalik “No Bra Day” yang dirayakan di beberapa negara.

Hari tanpa bra bermula pada tahun 2011 lalu saat media sosial diramaikan dengan tagar #nobraday. Melansir dari BBC, hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran perempuan soal kanker payudara.

Dari peringatan Hari Tanpa Bra tersebut juga bertujuan agar para perempuan dapat melakukan pemeriksaan sejak dini terkait gejala kanker payudara. Hal ini dikarenakan kesadaran soal gejala kanker payudara masih sangat minim.

Pendiri yayasan nonprofit Wordwide Breast Cancer, Corrine Beaumont menyatakan bahwa hanya sekitar 2% wanita yang mengetahui gejala kanker payudara.

“Survey baru-baru ini dari 19.000 perempuan menunjukkan begitu rendahnya pengetahuan tentang kanker payudara,” tulis Corrine di akun Facebooknya.

“Hanya 2% yang tahu gejala kanker payudara bukan hanya benjolan, melainkan banyak lagi, 42% merasa tak yakin mereka dapat melihat ada perubahan yang menunjukkan kanker payudara,” tambahnya.

Sejak 2003, berawal dari rasa prihatinnya terhadap kesadaran yang minim terkait kanker payudara, Corrine akhirnya menciptakan sebuah kampanye baru yang diberi nama “Know Your Lemons” yang berarti “Kenali Lemon Anda”.

Istilah tersebut lantaran buah jeruk bisa dijadikan sebagai perbandingan sederhana yang dapat menunjukkan seperti apa bentuk payudara yang terkena kanker.

Lalu pada awal 2017, Erin Smith Chieze menyebarluaskan kampanye tersebut. Erin merupakan penderita payudara stadium 4 yang saat itu mendiagnosa kanker yang dialaminya setelah melihat gambar jeruk yang menunjukkan bentuk payudara.

Kampanye Know Your Lemons Foto: BBC World

Kampanye tersebut dilakukan di Amerika Serikat, Spanyol, Turki, Lebanon serta diterjemahkan ke dalam 16 bahasa.

Hasil survey yang dilakukan oleh Yayasan Breast Care kepada 1.000 wanita menghasilkan kesimpulan bahwa sepertiga wanita mengaku tak rutin melakukan pemeriksaan tanda-tanda kanker di payudaranya.

Sementara ada 96% mengetahui benjolan adlah salah satu tanda kanker payudara. Namun lebih dari seperempat dari mereka tidak mengetahui bahwa ada gejala lain dari kanker payudara yaitu putih yang masuk ke payudara.

“Daerah seputar puting yang kehitaman juga merupakan gejala yang cukup umum pada penderita kanker payudara,” NHC Choices, sebuah Badan Kesehatan di Inggris.

Baca juga

Leave a Comment