Wow, Ditemukan Limbah Medis di Sungai Ciliwung


Lurah Babakan Pasar Kota Bogor Rena Da Frina yang pertamakali menemukan limbah medis di sungai ciliwung. (Foto : Herman/ Praja).

BOGOR-Lurah Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Rena Da Frina menemukan sejumlah alat kesehatan bekas (limbah medis) yang dibuang ke sungai Ciliwung, berupa alat bantu buang air kecil (kateter).

Rena mengatakan, temuan ini tanpa sengaja saat dirinya bersama staf, ketua RT dan RW setempat serta babinsa, melakukan pengecekan kawasan sungai Ciliwung untuk penilaian lomba kebersihan bertajuk Bogorku Bersih.

“Jadi awalnya itu saya lagi ngecek titik-titik untuk giat bebersih minggu depan bersama ketua RW dan RT, sekaligus persiapan untuk penilaian lomba kebersihan,” ujar Rena kepada Prasastijabar.com, Jumat (5/7/2019).

Saat dirinya mencoba turun ke sungai, tiba tiba sebuah kateter yang menyerupai alat infus itu hanyut di depannya. Ketika Limbah tersebut diangkat, menurut dia, ternyata ada pula limbah serupa yang hanyut dibelakangnya.

“Kami akhirnya penasaran, saat ditelusuri ke bagian hulu ternyata ada juga beberapa limbah yang sama tersangkut dibebatuan. Jumlahnya ada sebanyak 10 buah dan saat ini sudah kami amankan,” katanya.

Dengan temuan itu, pihaknya langsung melaporkan kepada Wali Kota serta berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Bogor, guna menentukan langkah selanjutnya.

“Karena wilayahnya bebaatasan dengan Kelurahan Sukasari dan Bararangsiang, maka kami pun berkoordinasi dengan kedua wilayah tersebut untuk menelusuri asal limbah medis itu,” jelas Rena.

Dugaan sementara, limbah tersebut dibuang dengan sengaja oleh pihak rumah sakit atau pihak-pihak lain yang tidak bertanggung jawab, sehingga mencemari aliran sungai. (man/tif).

Baca juga

Leave a Comment