Viral! Kartunis Nabi Muhammad Tewas Kecelakaan

Lars Vilks, kartunis kontroversial pembuat kartun Nabi Muhammad yang sempat membuat heboh seluruh umat muslim dunia dikabarkan tewas akibat kecelakaan di Markaryd, Minggu (3/10/2021).

Dikabarkan bahwa mobil yang ditumpanginya menabrak sebuah truk. Dalam kecelakaan tersebut juga menewaskan dua polisi yang mengawalnya.

Pada kecelakaan tersebut, polisi setempat menyatakan bahwa kecelakaan tersebut kemungkinan akibat adanya ledakan ban. Belum ditemukan adanya indikasi pembunuhan.

“Kami sedang melihat kemungkinan itu adalah ledakan ban. Tidak ada pada titik ini untuk menunjukkan bahwa ini adalah pembunuhan,” ungkap Stefan Sinteus, seorang pejabat polisi daerah setempat saat konferensi pers, Senin (4/10/2021).

Sekdedar mengingatkan, Lars Vilks merupakan kartunis Swedia yang pada tahun 2007 sempat membuat geram umat muslim di seluruh dunia. Hal itu dikarenakan Vilks menggambar kartun Nabi Muhammad SAW pada tubuh seekor Anjing.

Sejak penerbitan kartun tersebut, sejak 2010 Vilks mendapatkan ancaman terhadap hidupnya, yang membuatnya harus hidup di bawah penjagaan polisi.

Serangkaian serangan percobaan pembunuhan atas dirinya terus berdatangan. Mulai dari serangan saat Vilks memberikan kuliah tentang kebebasan berpendapat di Universitas Uppsala, Swedia, hingga penyerangan pada tahun 2015 disebuah kafe tempat Vilks berbicara disebuah acara dan melukasi tiga petugas polisi.

Meskipun karyanya sudah memicu perselisihan diplomatik dengan Perdana Menteri Swedia saat itu, Fredrik Reinfeldt, Vilks tetap merasa tidak menyesal atas karyanya tersebut.

Vilks justru mengungkapkan bawah kartun itu tidak dimaksudkan untuk memprovokasi umat Islam, tetapi untuk menantang kebenaran politik di dunia seni.

“Saya sebenarnya tidak tertarik untuk menyinggung Nabi. Inti sebenarnya adalah untuk menunjukan bahwa Anda bisa. Tidak ada yang begitu suci sehingga anda tidak bisa menyinggungnya,” ungkap vilks kepada The A.P, pada tahun 2010

 

Baca juga

Leave a Comment