Vaksinasi Covid-19 Sasar Warga Desa Terpencil

KARAWANG, Sebanyak 1.500 warga yang tinggal di daerah terpencil di Kabupaten Karawang mulai mendapatkan vaksin Covid-19 bantuan dari Toyota Indonesia. Kali pertama vaksin diberikan kepada warga Desa Sedari, Kecamatan Cibuaya, yang lokasinya terisolasi dan berada di pesisir pantai utara Karawang, Minggu (8/8/2021).

Program vaksinasi untuk warga terisolasi digelar Toyota Indonesia bersama Pemkab Karawang, Kodim 0664 Karawang, Polres Karawang, dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) setempat. Hadir dalam kegiatan itu Danrem 063 Sunan Gunungjati, Kolonel Inf, Elkines Villando Dewangga, Dandim 0604 Karawang Letkol Inf. Medi Hariyo Wibowo, Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono, Asisten Pemerintahan Kabupaten Karawang Ahmad Hidayat, dan Ketua DPK APINDO Karawang Abdul Syukur, juga jajaran Manajemen PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia.

“Selain melaksanakan vaksinasi kami juga membagikan 1000 paket sembako untuk warga kurang mampu di daerah terpencil,” ujat Direktur Corporate Affairs PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Bob Azam.

Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan bagian dari 76.500 dosis vaksinasi gratis bagi masyarakat luas yang telah bergulir sejak pertengahan 2021. “Penyebaran dan percepatan program vaksinasi yang merata bagi seluruh lapisan masyarakat, termasuk di wilayah pelosok, sangat penting dalam membentuk kekebalan kelompok atau herd immunity,” kata Bob lebih lanjut.



Dijelaskan, sejak pandemi melanda Indonesia, Toyota Indonesia telah melakukan berbagai aktivitas donasi mobilitas dan alat pelindung diri. Sebanyak 17 unit Kijang Innova ambulance dan 150.000 APD yang terdiri dari baju hazmat, pelindung wajah, dan masker telah distribusikan kepada Palang Merah Indonesia (PMI), Kementrian Kesehatan Indonesia, Pemprov DKI Jakarta, Pemkab Karawang, Pemkab dan Pemkot Bekasi, Pondok Pesantren, dan warga sekitar.

Sementata itu, Danrem 063/SGJ, Kolonel Inf Elkines Vilando DK mengatakan, Desa Sedari termasuk daerah 73T yakni daerah terdepan, terpencil, dan tertinggal. Lokasinya sangat sulit terjangkau, dari berbagai fasilitas.

Atas dasar itu, pihaknya bersama Pemerintah Kabupaten Karawang, dan kalangan swasta menyerbu daerah tersebut untuk melaksanaka vaksinasi. Selain di Sedari, program vaksinasi dilakukan juga di
Desa Segaran Kecamatan Pakisjaya dan Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru yang berada di wilayah pegunungan.

Dijelaskan juga, untuh mecapai lokasi vaksinasi saat ini, tidak semudah di wilayah kota. Guna menuju Dusun Desa Sedari, para petugas vaksinator harus menggunakan kendaraan roda duamengangkut fasilitas vaksinasi,.

“Mereka menempuh jarak kurang lebih 2 kilometer menggunakan motor menyusuri bibir pantai,” timpal Dandim 0604 Karawang, Letko Inf. Medi Hariyo Wibowo. (Red)


Baca juga

Leave a Comment