Tingkatkan Minat Baca, Dinas Perpustakaan MoU Dengan SMK Taruna Sakti

MoU antara Dinas Kearsipan dan Perpustakaan dengan SMK Taruna Sakti.

PURWAKARTA-Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Purwakarta terus melakukan upaya untuk meningkatkan minat baca masyarakat terutama pada kalangan pelajar.

Salah satu langkah yang dilakukan seperti dengan melakukan kerjasama dengan salah satu sekolah di wilayah setempat yakni SMK Taruna Sakti Purwakarta bertempat di Museum Diorama Digital Bale Panyawangan Tatar Sunda Purwakarta. Kamis, (14/9/2020).

“Ini Sekolah pertama di Purwakarta yang melakukan kerjasama dengan kami. Kami setelah MoU ini memberikan layanan pustakaan dengan cara menerbitkan kartu anggota perpustakaan. Kami berharap MoU ini dapat meningkatkan minat baca siswa dan masyarakat secara umum. Sehingga membaca benar-benar menjadi budaya,” kata Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Purwakarta, Mohamad Ramdhan.



Kedepan, lanjutnya, untuk terus meningkatkan minat baca masyarakat Purwakarta, khususnya para pelajar, pihaknya akan terus menggenjot kerjasama dengan lembaga pendidikan negeri ataupun swasta yang ada di Purwakarta lainnya.

“Kami harapkan melalui kegiatan seperti ini bisa mendekatkan masyarakat dengan perpustakaan, sehingga meningkatkan minat baca masyarakat di masa mendatang,” ujarnya.

Dikesempatan yang sama, Kepala SMK Taruna Sakti Purwakarta, Yayang Gilang Sonjaya menambahkan, kerjasama yang dijalin tersebut merupakan terobosan dalam meningkatkan mutu pendidikan siswa, khususnya dalam peningkatan minat baca.

“MoU ini dalam rangka peningkatan pembelajaran juga di sekolah, karena perpus itu menjadi fundamen dasar peningkatan pendidikan, apalagi menyangkut mutu pendidikan,” ucapnya.

Gilang berharap, semoga dengan kerjasama ini dapat meningkatkan minat baca pelajar SMK Taruna Sakti Purwakarta dan semakin mencintai buku.

“Jika kita kurang atau tidak membaca, maka kita tidak akan bisa mengikuti perkembangan dan kemajuan zaman, dan semoga kerjasama serupa terus ditingkatkan dan diikuti sekolah- sekolah lainnya,” pungkasnya. (wes/tif).

Baca juga

Leave a Comment