Terkuak! Yayasan CMB Terseret Dalam Kasus Dugaan Jual Beli Suara Pileg 2019

Kusnaya (berbaju putih). (Foto : Latif/Praja).

KARAWANG-Dugaan kasus jual beli suara pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 yang melibatkan caleg Perindo, EK Budi Santoso alias Kusnaya, dan seorang oknum Komisioner KPU Kabupaten Karawang, AM, serta 12 oknum PPK Karawang mulai memasuki babak baru.

Yayasan Cerdas Mutiara Bangsa (CMB) yang berlokasi di Cinere Depok disebut-sebut ikut terseret dalam pusaran kasus yang menghebohkan publik Karawang itu. Pasalnya, Kusnaya mentransfer sejumlah uang ke mereka melalui rekening Yayasan Cerdas Mutiara Bangsa.

Dihubungi via aplikasi Whatsapp, Kusnaya tidak membantah bila dirinya mentransfer sejumlah uang kepada mereka melalui rekening Yayasan CMB.

“Tidak masalah, itu yayasan saya dan keluarga dan saya sebagai ketua dan donatur utamanya, ngapain tanya gituan keluar dari subtansinya,” ujar Kusnaya kepada Prasastijabar.com, Selasa (16/7/2019).

Menurut Kusnaya, tidak uang negara yang masuk ke yayasan dan tidak uang orang lain sen pun. Dirinya pun tidak membantah kalau ia menolak memberikan print out rekening koran barang bukti transferan tersebut kepada pihak Bawaslu Kabupaten Karawang.

“Ya tidak boleh itu,” ujarnya.

Terpisah, Pakar Hukum Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang, Gary Gagarin Akbar, mengatakan, permasalahan itu harus dilihat adakah niat jahat (mensrea) dan perbuatan (actus reus). Nanti selanjutnya diteliti lagi apakah dia (Kusnaya-red) transfer itu atas nama yayasan atau pribadi.

“Kalau ternyata untuk keperluan pribadi, maka yayasan tidak bisa dijadikan sebagai subjek hukum pidana. Artinya kesalahan ada di pelakunya saja,” pungkasnya. (red).

Baca Juga : Heboh Kasus Dugaan Jual Beli Suara Pileg 2019, Ini Keputusan Bawaslu Karawang

Baca juga

Leave a Comment