SMK PG Kotabaru Isi Kegiatan Ramadhan dengan Pesantren Kilat

KARAWANG-Banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada para peserta didik. Salah satunya, memanfaatkan bulan Ramadan dengan mengadakan pesantren kilat (Sanlat), seperti yang tengah dilakukan oleh Sekolah Menengah Kejuruan Pembangunan Global (SMK PG) Kotabaru.

Wakasek Kesiswaan SMK PG Kotabaru Sairin menyampaikan, setiap bulan Ramadan, sekolah tersebut selalu mamanfaatkan dengan kegiatan positif.

“Setiap bulan Ramadan, tentunya kami selalu memanfaat momentum ini dengan kegiatan sanlat di sekolah,” ujarnya, Jumat (15/4/2022).

Ia menjelaskan, dalam kegiatan tersebut diisi dengan berbagai acara yang bernuasa religi. Diantaranya tadarus, pembiasaan infak sodakoh dan tolabulilmi di isi dengan kegiatan kultum atau ceramah.

“Sanlat ini juga untuk menindaklanjuti surat edaran dari KCD program Sanlat. Sekolah ini melaksanakan dengan menitik beratkan pada peningkatan sikap akhlak yang baik,” terangnya.

Menurutnya, hal itu bertujuan untuk membentuk karakter peserta didik, agar dapat menjalankan syrariat-syariat Islam, sehingga hidup bisa menjadi lebih terarah, terhindar dari dari hal-hal negatif.

“Untuk membentuk karekter siswa, agar keimanan dan ketaqwaan bisa semakin meningkat, sehingga tidak keluar dari koridor ajaran agamanaya dan selalu menjalankan kebaikan, apalagi di bulan yang penuh hikmah ini,” ungkapnya.

Sementara itu peserta sanlat, Kartika Kelas X TKJ SMK PG Kotabaru mengaku, merasa bangga dan bahagia bisa mengekitu kegiatan tersebut. Selain, dapat meningkat keimanan dan ketakwaan, juga dapat membangun kedekatan emosional antar siswa.

“Banyak banget manfaatnya, makanya aku mengikuti kegiatan ini. Biar ibadah puasanya bisa lebih afdol,” akunya.

Salah satu peserta sanlat lainnya, Ratih Kelas XI OTKP SMK PG Kotabaru mengatakan, banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dalam kegiatan sanlat. Dengan demikian, maka dirinya selalu antusias dalam mengikuti setiap acara-acara yang kemas dalam kegiatatan tersrbut.

“Saya serius mengikuti kegiatan ini, soalnya banyak sekali sih manfaat yang bisa didapatkan. Selain dapat meningkat ilmu agama, juga bisa menjalin kedekatan emosional,” pungkasnya.(sdn/cr)

Baca juga

Leave a Comment