Siap Dilantik, KPK Serahkan LHKPN Calon Anggota DPRD Purwakarta

Ketua KPU, Ikhsan Faturahman.

PURWAKARTA-Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI) telah menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) 45 caleg terpilih DPRD Purwakarta periode 2019-2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purwakarta.

Seperti dikatakan Ketua KPU Kabupaten Purwakarta, Ikhsan Faturahman, LHKPN merupakan salah satu syarat wajib untuk pelantikan caleg terpilih sebelum dilakukan pelantikan. Pada penetapan caleg terpilih sebelumnya, sudah diketahui jumlah perolehan kursi dewan dari setiap parpol peserta Pemilu.

”Seluruh caleg terpilih Pemilu 2019 untuk DPRD Purwakarta sudah menyerahkan LHKPN dan jika semuanya sudah selsai tinggal dilakukan pelantikan pada Agustus nanti” ujar Ikhsan. Jumat (26/7/2019).

Untuk jumlah harta kekayaan setiap anggota dewan terpilih, ditambahkan Ikhsan, hal tersebut hanya KPK yang mengetahui dan bukan kewenangan KPU.

“KPU Kabupaten Purwakarta hanya menerima tanda bukti terima dari KPK, tidak ada perincian jumlah harta kekayaannya. Untuk mengetahui, jumlah harta kekayaan hanya dapat dilihat di KPK,” katanya.

Penyerahan LHKPN merupakan aturan KPU yang hukumnya wajib untuk diikuti dan dipatuhi peserta pemilu.

“Hal tersebut merujuk kepada Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2019 tentang Penetapan Pasangan Calon Terpilih, Penetapan Perolehan Kursi, dan Penetapan Calon Terpilih dalam Pemilu,” jelasnya. (wes/tif).

Baca juga

Leave a Comment