Sahabat Difa Dorong Pemkab Perbanyak Sekolah Inklusi di Karawang Untuk Pemerataan Pendidikan

Sekolah inklusi/ilustrasi.net.

KARAWANG-Sahabat Difa (Kumpulan wadah kaum disabilitas) mendorong Pemkab Karawang melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) perbanyak sekolah inklusi supaya semakin banyak anak berkebutuhan khusus (ABK) terakomodasi untuk mendapatkan pendidikan lebih maksimal.

Menurut penasihat Sahabat Difa (Wadah kumpulan kaum disabilitas), Adam Bachtiar, pendidikan merupakan kebutuhan dasar yang sangat dibutuhkan bagi anak-anak untuk mencapai kesejahteraan sosialnya. Tak terkecuali anak-anak yang kurang beruntung baik dalam segi fisik maupun mental. Namun kenyataan, anak-anak yang kurang beruntung dan berkebutuhan khusus menjadi anak yang dapat dikatakan mendapat pengecualian.

“Eksklusivitas dalam pendidikan menutup kesempatan bagi ABK dalam memperoleh pendidikan. Sikap eksklusivitas semakin membuat anak yang kurang beruntung dan berkebutuhan khusus semakin terpinggirkan,” katanya kepada Prasastijabar.com, Selasa (13/8/2019).

Baca juga : Sahabat Difa Desak Pemkab Karawang Bangun Fasilitas Publik Ramah Kaum Disabilitas

Adam menjelaskan, sekolah inklusi merupakan sebuah pelayanan pendidikan bagi peserta didik yang mempunyai kebutuhan pendidikan khusus di sekolah regular (SD, SMP, SMU, dan SMK) yang tergolong luar biasa baik dalam arti kelainan, lamban belajar maupun berkesulitan belajar lainnya.

“Sekolah inklusif di Indonesia diselenggarakan dengan tujuan memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada semua anak (termasuk anak berkebutuhan khusus) mendapatkan pendidikan yang layak sesuai dengan kebutuhannya,” ungkapnya.

Adam mengatakan, UU Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas menekankan kewajiban pemerintah daerah dalam memfasilitasi pendidikan Inklusi dan menyediakan biaya pendidikan bagi penyandang disabilitas yang keluarganya tidak mampu.

“Atas dasar itulah, sudah menjadi kewajiban Pemda Karawang menjalankan amanat UU. Kami sangat berharap Bupati Karawang bisa membuat kebijakan nyata dalam melaksanakan tugasnya,” tutupnya mengakhiri. (red).

Baca juga : PDI-P Karawang Komitmen Dorong Pemkab Karawang Pro Terhadap Aspirasi Kaum Disabilitas

Baca juga

Leave a Comment