Rakit Pemancingan Waduk Cirata, Spot Favorit Pemancing di Jawa Barat

Rakit pemancingan Waduk Cirata yang banyak dikunjungi pemancing dari berbagai daerah di Jawa Barat

PURWAKARTA-Selain dikenal sebagai salah satu bendungan atau waduk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), Bendungan Cirata juga dikenal sebagai salah satu destinasi wisata air hingga tujuan favorit pemancing di Jawa Barat.

Hal tersebut diketahui dari banyaknya pemancing yang datang ke sejumlah spot memancing di perairan Cirata yang didominasi pemancing dari luar daerah, seperti dari Kabupaten Cianjur, Sukabumi, Bogor, Bandung Barat, Kota Bandung, Karawang, Bekasi dan tentunya pemancing asal Purwakarta atau masyarakat yang berada disekitaran waduk Cirata itu sendiri.

Salah satu pemancing asal kota Bandung, Pupung (40) mengatakan, mancing di perairan waduk Cirata memiliki sensasi lain dari perairan lainnya. Mulai dari jenis ikan yang bervariasi jenisnya hingga sensasi tarikan ikan yang lebih kuat dari perairan lainnya.

Sebelumnya, Pupung mengaku telah menjelajahi spot mancing di perairan serupa perairan waduk Cirata, seperti, Waduk Jatigede, Waduk Saguling hingga Waduk Jatiluhur.

“Disini (Cirata-red) itu berbeda sama mancing di daerah lain, disini ikannya selain Nila dan Mas juga terdapat ikan lainnya seperti, bawal, patin, hampala hingga ikan pemangsa seperti gabus tomang pun ada. Dan tarikan ikannya di sini lebih kuat, lebih agresif berbeda dengan perairan lainnya,” tutur Pupung, Minggu (197/2020).

Diketahui, untuk disekitaran waduk Cirata, terdapat ratusan lokasi mancing atau biasa disebut “Rakit” yang di buat warga setempat untuk disewakan kepada pemancing.
Setiap rakit biasanya mampu menampung 5 hingga 10 orang pemancing dengan uang sewa sebesar Rp 10. 000/hari/1 orang pemancing.

“Kalau rakit disekitaran waduk Cirata ini banyak, gak terhitung mungkin. Jadi siapapun mancing ke cirata gak takut rakit penuh, jadi bisa mancing di lokasi mana saja,” jelasnya.

Sementara, Hari (36) pemancing lainnya asal Cipanas Kab Cianjur mengatakan, dirinya mengaku berangkat memancing secara rombongan atau konvoi menggunakan sepeda motor. Spot favorit yang menjadi pilihan berada di sekitaran waduk Cirata atau tepatnya di daerah Palumbon, Kecamatan Maniis Kabupaten Purwakarta.

“Kalau lokasinya tepatnya gak tentu soalnya disekitaran Palumbon ini terdapat ratusan rakit, jadi tergantung informasi dari pemancing saja. Cuma rakit di daerah Palumbon ini tujuan favorit pemancing dari Cipanas,” ucapnya.

Menurut informasi dari sejumlah pemancing, Diperairan Waduk Cirata atau perairan yang masuk di tiga kabupaten tersebut, terdapat beberapa lokasi mancing favorit, seperti daerah Calincing, Babakan Garut, Pasir ucing, Pasir geulis, Jangari, Tangkil, Rawabuaya dan Palumbon.(wes/zak)

Baca juga

Leave a Comment