Puluhan Anggota Kodim 0619 Dites Urine

TEST URINE: Sejumlah anggota TNI dari Kodim 0619 ditest urine.

PURWAKARTA – Antisipasi peredaraan narkoba masuk dalam lingkungan TNI, puluhan prajurit Bintara hingga Perwira Kodim 0619 mendadak dikumpulkan dan dilakukan tes urine. Petugas yang melakukan pengecekkan urine dari Satres Narkoba Polres Purwakarta.

Tes urine tersebut sesuai dengan program rutin yang telah ditetapkan oleh institusi TNI melalui program Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Mayoritas, anggota TNI yang dites urine adalah anggota Babinsa. Dandim 0619 Purwakarta, Letkol Arh Yogi Nugroho mengatakan, pengecekan urine merupakan program yang dilakukan berkala dan dadakan. Dilakukan sebagai upaya bebas dari pengaruh narkoba yang terus digalakan.

Kodim 0619 Purwakarta menindaklanjuti program tersebut dengan melaksanakan tes urine bagi prajuritnya. “Kami perintahkan random sample. Tidak ada ampun bagi oknum yang masih suka menggunakan barang haram tersebut,” terang Yogi usai mengikuti test urine, di Makodim 0619 Purwakarta, Rabu (21/8/2019).

Ia menambahkan apabila ada yang terbukti sebagai pengguna tentu akan diproses sesuai prosedur hukum yang ada. “Ini komitmen kami, pengalaman pribadi saat bertugas di perbatasan, pemuda rusak karena narkoba. Maka dari itu kita budayakan lingkungan bersih narkoba di Kodim 0619 Purwakarta untuk menindaklanjuti perintah dari pimpinan TNI bahwa TNI menyatakan perang terhadap narkoba dan apabila ada Prajurit Kodim 0619 Purwakarta yang terlibat, kami tidak akan segan-segan untuk menindak,” tegas Dandim.

Dandim menegaskan pihaknya tak akan menutup-nutupi apalagi melindungi jika ada anggota yang positif. Hal itu juga sudah ia tegaskan kepada jajarannya.

“Saya sudah perintahkan kepada pasi Intel apabila ada yang positif jangan ada yang ditutup tutupi, akan saya tindak tegas. Saya minta, jangan main-main dengan barang haram ini. Jika memang masyarakat mengetahui ada anggota yang terlibat, silahkan laporkan, kita akan mengambil tindakan tegas,” kata Yogi.

Ditempat yang sama, Kapolres Purwakarta, AKBP Matrius melalui Kasat Resere Narkoba, AKP Heri Nurcahyo mengatakan, kerja sama yang telah terjalin selama ini antara Polres Purwakarta dengan Kodim 0619 Purwakarta dapat dipelihara dengan baik karena sinergitas dalam perang terhadap narkoba perlu melibatkan seluruh instansi pemerintah sehingga Kabupaten Purwakarta betul-betul bersih dari narkoba.

“Untuk meningkatkan sinergitas antara Polres Purwakarta dengan anggota Kodim 0619 Purwakarta kami mengharapkan para Babinsa yang bertugas di desa-desa untuk bersama-sama mensosialisasikan dampak negatif narkoba ” ujar Heri.
Di Purwakarta, lanjut dia, peredaran narkoba yang menonjol berada di beberapa kecamatan, yakni Kecamatan Purwakarta, Kecamatan Babakancikao, Kecamatan Pasawahan dan Campaka.

“Kami berharap, para Babinsa dapat membantu mewujudkan lingkungan desa di Kabupaten Purwakarta bersih dan lebih mengerti akan pentingnya menghindari Narkoba dalam setiap bentuknya melalui pembinaan oleh Babinsa dijajaran Kodim 0619 Purwakarta ini,” pungkasnya.

Dari hasil dari kegiatan tes urine kepada Personel Kodim 0619 Purwakarta kali ini belum ditemukan adanya Prajurit Kodim 0619 Purwakarta yang terlibat dalam penyalahgunaan Narkoba. (wes/naz)

Baca juga

Leave a Comment