Pra TMMD Cisaat, Babinsa Gencar Lakukan Komsos ke Masyarakat

Anggota Babinsa Sedang Membantu Pengerjaan Jalan Lingkungan dan Komsos Terkait Rencana TMMD. (Foto : Uwes/Praja).

PURWAKARTA-Pra TMMD 106 Kodim 0619 Purwakarta yang akan dilaksanakan di Desa Cisaat, Kecamatan Campaka, Kabupaten Purwakarta, para Babinsa gencar lakukan Komunikasi Sosial (Komsos) atau sosialisasi ke masyarakat setempat.

Komsos dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kebutuhan warga terkait akses jalan penghubung antara dua desa dan dua kecamatan yang akan dibangun TNI pada TMMD bulan Oktober nanti.

Sertu Tatang, anggota Koramil 1903 Darangdan mengatakan, pengerjaan jalan dimaksud sangat dibutuhkan dan secara tidak langsung akan menunjang perekonomian warga. Terlebih jalan yang akan dibangun tersebut akan menghubungkan dua kecamatan yaitu Kecamatan Campaka dan Kecamatan Cibatu yang akan menjadi akses warga ke wilayah kota.

“Semua warga sangat merespon baik, karena memang jalan ini sangat dibutuhkan warga dari mulai meningkatkan perekonomian hingga sebagai akses ke perkotaan ” terang Sertu Tatang saat membantu pengerjaan jalan lingkungan di RT 11/04 Kampung Cisaat, Desa Cisaat, Minggu (22/9/2019.

Baca juga : Kader PC IPNU-IPPNU Purwakarta Dilantik Ditengah Rapat Pleno PBNU

Sementara Hendar(40) yang merupakan warga setempat dan berpropesi sebagai tukang sayur keliling itu mengaku mendambakan akses jalan tersebut segera terwujud. Dengan terbangunnya akses jalan yang baik serta mudah dilalui maka akan sangat lebih menguntungkan pagi pedagang keliling seperti dirinya.

“Bisa mempermudah transportasi,bisa lebih dekat menuju pasar Cipeundeuy Subang, sehingga biaya pengeluaran transportasi bisa lebih hemat dan irit,” ujar Hendar.

Sementara, Dandim 0619 Purwakarta, Letkol Yogi Nugroho, mangatakan, TMMD yang akan digelar pada bulan Oktober 2019 mendatang itu menargetkan dua pengerjaan, yaitu fisik dan non fisik. Sasaran fisik adalah akan membangun jalan penghubung antar dua Kecamatan, Kecamatan Cibatu dan Campaka sepanjang 650 meter dengan lebar 4 meter.

Baca juga : Meresahkan, Warga Sukarapih Ramai-Ramai Tolak Bank Emok

“Untuk fisik kita bangun jalan penghubung dua kecamatan Cibatu dan Campaka,” ujar Dandim.

Selain pembangunan fisik pihaknya menyasar non fisik, di antaranya penyuluhan termasuk pemahaman wawasan kebangsaan kepada masyarakat. Tak hanya itu, pihaknya juga akan membangun gorong-gorong, tembok penahan tebing (TPT), renovasi lima rumah tidak layak huni (rutilahu), penyempurnaan masjid dan pos kamling sebagai sasaran fisik tambahan.

Baca juga : Selain Cantik, Pemeran Perempuan Dalam Vidio Syur Purwakarta Dikenal Cerdas

“Kegiatan TMMD sendiri akan berlangsung selama 30 hari melibatkan personil TNI dan dibantu masyarakat setempat secara gotong-royong,” pungkas Dandim. (wes/tif).

Baca juga

Leave a Comment