Polisi Telusuri Dugaan Pembuangan Limbah PT. Indo Liberty ke Citarum

TERCEMAR: Begini penampakan sungai Citarum yang terduga tercemar limbah dari pabrik Indo Liberty.

KARAWANG – Polres Karawang selidiki laporan warga terkait dugaan adanya aliran pembuangan limbah pabrik ilegal yang diduga dilakukan oleh PT Indo Liberty, di Kecamatan Telukjambe Timur, Rabu (7/8/2019).

Kapolres Karawang AKBP Nuredy Irwansyah Putera mengatakan, awalnya pihaknya mendapati informasi dugaan pembuangan limbah cair ke sungai Citarum.

“Setelah dicek ternyata memang ada saluran air berbusa. Tapi bukan dari Indo Liberty melainkan dari limbah rumah tangga perum Bintang Alam yang dialirkan ke sungai Cisubah dan bermuara ke Citarum,”kata Nuredy.

Namun, tidak hanya sampai situ, Nuredy bersama jajaran Unit Tipiter melakukan pengecekkan saluran limbah ke PT Indo Liberty.

“Kami temukan outlet limbah cair PT Indo Liberty. Anggota melakukan pengecekkan menggunakan tester air limbahnya ternyata PH-nya normal , 07.00,”ujarnya.

Dikatakan, Nuredy, menurut pengakuan dari perwakilan Indo Liberty, pihaknya tidak membuang air limbahnya, hanya membuang air dari MCK-nya saja. Karena air dari WTF nya masih bisa digunakan untuk produksi pemintalan benang oleh perusahaan tersebut.

“Hasil kesimpulan PT Indo Liberty tidak membuang limbah cair nya ke aliran sungai citarum,” ungkapnya.(dit)

Baca juga

Leave a Comment