fbpx

Partai Non Parlemen Dukung Toha-Ade di Pilkada Cianjur

Muhammad Toha dan Ade Sobari serta sejumlah perwakilan partai non parlemen

CIANJUR-Sekretariat Bersama (Sekber) partai non parlemen mendukung Muhammad Toha sebagai Calon Bupati dan Ade Sobari sebagai Wakil Bupati untuk pada Pilkada serentak 2020 di Kabupaten Cianjur melalui jalur independent.

Ada tujuh parpol yang tergabung dalam sekber non parlemen ini, yakni Partai Hanura, Perindo, PSI, PBB, Partai Berkarya, Partai Garuda serta PKPI.

“Dua nama yang diusung berdasarkan hasil kesepakatan parpol di Sekber non Parlemen. Pengalaman serta popularitas kedua calon tersebut menjadi pertimbangan utama ditetapkannya mereka sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati dari jalur independent,” kata Juru Bicara Sekretariat Bersama Koalisi Parpol Non parlemen, Beni Rustandi, Rabu (8/1/2020).

Baca Juga: Tanya Silon, Tim Balonbup Perseorangan Kunjungi KPU

Ia menjelaskan, awalnya baru ada satu nama, yakni Muhammad Toha yang sudah ditetapkan sebagai calon bupati. Sedangkan untuk wakilnya masih didiskusikan, tetapi setelah pembahasan panjang pada akhirnya ditetapkan Ade Sobadi sebagai calon wakil bupati.

Muhammad Toha sendiri merupakan Ketua MPC Partai Bulan Bintang (PBB) Cianjur, sedangkan Ade Sobari merupakan Ketua DPC Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Cianjur. Keduanya sempat menjadi anggota DPRD selama beberapa periode, sebelum akhirnya tidak terpilih lagi dalam Pileg 2019.

Beni menjelaskan, meski tidak dalam tubuh parlemen, keduanya memiliki memiliki sosok ketokohan yang kuat, Muhammat Toha misalnya yang kental dengan dukungan dari Forum Diniyah Takmiliyah dan Ade Sobari yang memiliki basis masanya sendiri.

Baca Juga: Ade Barkah Diprioritaskan Maju ke Pilkada Cianjur 2020

“Keduanya sudah saling melengkapi, dan memiliki satu tujuan untuk membangun Cianjur. Dan kami yakini mereka akan jadi kekuatan dalam Pilkada serentak 2020 di Kabupaten Cianjur,” katanya.

Menurut Beni, Sekber non parlemen saat ini tengah berfokus mengumpulkan bukti dukungan sebagai persyaratan pencalonan melalui jalur independent. Karena persyaratan untuk bisa lolos, Jumlah dukungan 108.354 suara atau 6,5 persen dari DPT.

“Kemarin kami sudah datang ke KPU untuk menyerahkan rekomendasi pasangan bakal calon dari jalur independent. Dilanjutkan pada persiapan dokumen dukungan. Sekarang sudah terkumpul 100 ribu dukungan. Kami targetkan yang nanti diserahkan mencapai 150 ribu dukungan, sesuai dengan raihan suara 7 parpol di sekber non parlemen saat Pileg 2019,” pungkasnya.(zie/zak)

Baca juga

Leave a Comment