Mulai Januari 2024 Uji KIR di Dishub Karawang Gratis

Plt Kepala UPTD PKB Dishub Karawang, Herdiansyah A.Z.

KARAWANG-Mulai Januari 2024 ini Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) atau yang lebih dikenal dengan istilah uji KIR di Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Karawang tidak lagi dikenakan biaya retribusi alias gratis.

Plt Kepala UPTD PKB Dishub Kabupaten Karawang, Herdiansyah A. Z., mengatakan, uji KIR tidak lagi memungut retribusi atau pun denda keterlambatan uji mulai Januari 2024. Hal ini berdasarkan Undang-Undang nomor 1 tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan Pemerintah Pusat dan Daerah.

“Adanya Undang-Undang Nomor 1 tahun 2022, maka sejak Januari 2024 ini kami gratiskan uji KIR. Tidak ada biaya retribusi atau pun denda keterlambatan, maka bisa disebut gratis,” ujarnya, Rabu (3/1/2024).

Kendati demikian, Herdiansyah menegaskan, agar pemilik kendaraan yang hendak melakukan uji KIR tetap memperhatikan persyaratan, baik administratif atau pun teknis atau kondisi kendaraan.

“Segala persyaratan uji KIR harus benar-benar diperhatikan, baik itu surat-suratnya hingga kondisi kendaraannya harus prima. Jika ada satu saja persyaratan yang tidak lengkap, maka dapat dipastikan tidak lulus uji,” tegas dia.

Masih kata Herdiansyah, pihaknya berharap dalam waktu dekat ini dibentuk regulasi terkait uji emisi untuk segala jenis kendaraan bermotor di Kabupaten Karawang. Pasalnya hal ini dapat menjadi potensi PAD untuk menggantikan retribusi KIR yang dihilangkan.

“Kalau kita punya regulasi khusus terkait wajib uji emisi untuk segala jenis kendaraan bermotor, dan menerapkan retribusi uji emisi, maka ini dapat menjadi potensi penghasil PAD. Sehingga meski retribusi uji KIR dihilangkan, UPTD PKB Dishub masih dapat menghasilkan PAD,” tandasnya.(zak) 

Baca juga

Leave a Comment