Masuki Musim Penghujan, Kodim 0619 Purwakarta Mulai Petakan Wilayah Rawan Bencana

Dandim 0619/Purwakarta Letkol Arm Krisrantau Hermawan

PURWAKARTA-Dandim 0619 Purwakarta Letkol Arm Krisrantau Hermawan melakukan pemetaan wilayah rawan bencana dan perintahkan para Babinsa untuk melaporkan perkembang di setiap wilayah binaanya.

Hal itu mengingat, saat ini wilayah Kabupaten Purwakarta memasuki musim penghujan dan dikhawatirkan terjadi bencana seperti longsor, banjir dan potensi bencana alam lainnya.

“Untuk itu, kami sudah perintahkan agar semua Babinsa berkoordinasi dengan seluruh element masyarakat di wilayah terlebih disaat hujan deras dan terjadi tanah longsor, banjir atau kejadian lainnya maka bisa segera diambil tindakan penanganan cepat dan tepat,” ujar Dandim saat ditemui disela-sela kegiatanya, Senin (19/10/2020).



Selain itu, lanjut Kris, jajarannya sudah melakukan pemetaan wilayah yang berpotensi terjadinya bencana alam longsor dan banjir. Pemetaan tersebut dilakukan mulai dari tingkat kecamatan hingga desa.

“Setidaknya ada 15 titik yang sudah dipetakan. Dan ini sudah disebar ke semua koramil untuk menjadi perhatian Danramil dan Babinsa agar segera melakukan persiapan. Pekan depan kami juga akan upacara gelar pasukan kesiapan bencana alam,” jelasnya.

Dirinya menegaskan, secara personel TNI sudah dan harus selalu siap mengantisipasi potensi bencana.

“Tinggal nanti cek dalam segi peralatan untuk mitigasi bencana alam itu sendiri. Adapun untuk jumlah personel, semua anggota terlibat sesuai wilayahnya masing-masing,” paparnya.

Selain itu, lanjut dia, agar para Babinsa terus mengingatkan warga binaannya terutama yang rumahnya dibangun di bagian lereng diminta supaya lebih berhati-hati, karena dikhawatirkan hujan deras menyebabkan longsor dan banjir.

“Tak hanya mengingatkan masyarakat yang yang berada di daerah potensi bencana longsor,  saya juga perintahkan para Babinsa yang berada di lokasi yang berpotensi bencana, untuk melakukan pengumpulan data lokasi yang rawan berdampak bencana tanah longsor dan banjir,” pungkasnya.(wes/zak)

Baca juga

Leave a Comment