Lima Kuliner Khas Karawang Yang Paling Digemari

Pepes Walahar Pak Dirja

PRASASTIJABAR.COM-Bagi kamu para kuliner’s yang hobi cicip-cicip makanan, dan suka liburan kuliner. Kamu bisa mencoba merasakan rasa yang khas dari daerah Karawang. Karena dalam artikel ini akan di ulas tuntas beberapa makanan khas asli daerah Karawang, yang bakal menggoyang lidah dan memanjakan para kuliner’s.

Berikut lima daftar kuliner khas Karawang :

1. Pepes Walahar Pak Dirja

Pepes yang dikenal di Karawang dengan nama pepes walahar ini didirikan oleh H. Dirja dan Hj. S. Kurnia. Nama walahar sendiri diambil karena lokasi pepes pak Dirja ini dekat dengan bendungan Walahar. Sudah banyak pengunjung dan penikmat pepes walahar dari dalam kota maupun dari luar kota lho.

Harga yang terjangkau dengan menu pepes yang bervariasi. Pepes yang disajikan yaitu pepes usus, pepes jambal, pepes ayam, pepes tahu, pepes ikan mas, pepes oncom, pepes jamur, dan pepes teri.Biasanya makanan pepes tersebut disajikan bersama dan lalapan dan sambal terasi serta tahu goreng.

2. Serabi Hijau

serabi hijau ini merupakan oleh-oleh khas karawang yang sudah populer. Makanan serabi ini bisa menjadi oleh-oleh saat hendak pulang dari Karawang.

Memang sudah banyak yang menjualnya di tiap daerah. Tapi serabi hijau Karawang ini berbeda dengan serabi-serabi yang lain karena mempunyai cita rasa yang sangat khas. Rasanya yang enak, manis dan legit, serta warna hijaunya dari daun pandan dibuat dengan beberapa rasa. Ada serabi keju, cokelat, original dan rasa pandan.

3. Soto Gempol

Ada lagi soto yang khas dan terkenal di Karawang, yakni soto gempol. Pada jaman dahulu sekitar tahun 1980, soto ini sudah terkenal. Soto gempol ini mempunyai 4 varian rasa yang nikmat, yakni rasa daging, ayam, usus dan babat.

Jika kamu merasa ingin merasakan semua varian rasanya, kamu bisa memesan soto campur dengan warna yang kekuningan pada kuahnya. Rasa soto yang nikmat, akan terasa lebih nikmat dengan tambahan teburan emping, daun bawang dan acara dengan perasan jeruk yang gurih.

4. Ikan Gabus Bumbu Pucung

Pucung disini merupakan bumbu keluwak yang akan membuat makanan ini terasa khas dan nikmat. Jika kamu suka makanan ikan, sangat cocok untuk mencoba makanan khas ini.

Dengan bahan utama yaitu ikan gabus kemudian dimasak dengan bumbu pucung/keluwak. Makanan ini bisa kamu temukan di Desa Panyingkringan Kecamatan Rawamerta, Karawang.

5. Soto Tangkar Mang Ne’an

Makanan Soto tangkar ini memang tidak banyak dijual di Karawang. Bahkan relatif sedikit yang menjual soto tangkar ini. kononnya kata tangkar ini singkatan dari “Tangkrigan Karawang” atau biasa disebut tempat mangkal orang Karawang.

Dari segi tampilan, soto tangkar ini tidak jauh berbeda dengan soto daging pada umumnya. Tapi soto tangkar mempunyai bumbu khas tersendiri yang membuat daging dan kulit sapi terasa sangat empuk dan juga kuahnya. (red).

Baca juga

Leave a Comment