Lilin Jatuh Saat Mati Listrik, Nenek Stroke di Purwakarta Tewas Terbakar

EVAKUASI: Petugas pemadam kebakaran mengevakuasi korban meninggal dunia.

PURWAKARTA – Minggu malam (4/8/2019), terjadi lima peristiwa kebakaran terjadi di wilayah Kab Purwakarta. Dari kelima peristiwa tersebut, satu peristiwa diantaranya telah menyebabkan seorang warga tewas terpanggang.

Korban merupakan pemilik rumah atas nama Nenek Oti (70) Kampung Sukamulya RT 3/06 Kelurahan Ciseureuh, Kecamatan/Kabupaten Purwakarta. Diketahui korban menderita stroke sehingga sulit menyelamatkan diri saat api mengepung kamarnya.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Purwakarta Wahyu Wibisono, peristiwa tragis itu berawal saat api dari sebuah lilin yang dijadikan penerangan saat pemadaman massal, jatuh ke atas seprai. Tak lama kemudian api langsung melalap bagian kamar yang mudah terbakar. 

“Kamar tidur yang terbakar berukuran 2,5 meter X 2,5 meter. Anggota kami langsung melakukan pendinginan karena api sudah ditanggulangi oleh warga. Sayangnya nyawa pemilik rumah tidak bisa tertolong,” ungkap pria yang akrab disapa Wibi tersebut. Senin,(5/8/2019) pagi.

Dalam penanggulangan kebakaran itu, pihak DPKPB mengerahkan sebuah mobil damkar sehingga tidak membakar seluruh rumah, dan satu unit ambulans untuk mengevakuasi korban.

“Untuk rumah berhasil diselamatkan dan yang terbakar hanya kamar tidur yang ditempati korban,” ungkapnya. 

Kebakaran yang terjadi di lima lokasi berbeda dalam semalam tersebut, tiga lokasi diantaranya berasal dari lilin saat mati lampu massal terjadi. 
Sementara dua lokasi kebakaran lainnya masih dalam penyelidikan petugas.

Berikut lokasi kejadian kebakaran saat listrik padam pada hari minggu, 4/8/2019 malam hingga 5/8/2019 dini hari.

1. Gang Rusa rt 16/02 Kelurahan Nagri Kidul obyek terbakar genset
2. Kampung Cileutak RT 06/02 Dusin Gandasoli Kecamatan Plered, obyek terbakar rumah (akibat lilin)
3. Kampung Sukamulya RT 06/03 Kelurahan Ciseureuh Kecamatan Purwakarta, obyek terbakar kamar tidur ( akibat lilin ) (korban MD).
4. Perum Sadangsari RT 03/03 Kelurahan Ciseureuh Kecamatan Purwakarta (akibat lilin).
5. Kampung Sindangsari RT 04/06 Dusin Cileunca Kecamatan Bojong obyek terbakar kebun bambu seluas 1200 m2

“Rata rata disebabkan lilin saat mati lampu, tapi hari ini kita selidiki lagi lebih lanjut,” jelas Wibi. (wes/naz)

Baca juga

Leave a Comment