Lebih dari 1 Juta Warga Karawang Jadi Penerima KIS PBI

KARAWANG-Lebih dari 1 juta warga Kabupaten Karawang menjadi penerima Kartu Indonesia Sehat (KIS) Penerima Bantuan Iuran (PBI). Diantaranya sekitar 750 ribuan untuk KIS PBI APBN dan kurang lebih 425 ribu KIS PBI APBD.

Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Karawang Asep Achmad. S mengatakan, dari sekitar 3 juta penduduk di Kota Pangkal Perjuangan, cukup lumyan tingga masyrakat Karawang yang sudah mempunyai KIS PBI dari APBD maupun dari APBN.

“Sekitar sejuta seratusan yang sudah mempunyai KIS PBI,” Ucapnya, Rabu (10/7/2024).

Ia menjelaskan, untuk yang mendapatkan KIS PBI APBN kurang lebih 750 ribu dan untul KIS PBI APBD sekitar 425 ribu. Jika dijumlahkan sekitar 1.175.000 warga karawang yang mempunyai KIS PBI dari ABPN dan APBD. Namun tidak semua masyarakat yang mempunyai KIS PBI mendapatkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) maupun bantuan Program Keluarga Harapan (PKH).

“Ada aja masyarakat yang udah punya KIS PBI gak dapat BPNT dan PKH, soalnya tidak menjamin,” terangnya.

Menurutnya, untuk saat ini masyakat bisa lebih mudah untuk mendaftarkan atau mengajukan BPJS PBI. Caranya cukup datang ke pemerintahan desa, sebab disetiap desa ada bagian khusus untuk mengajukan KIS PBI.

“Cukup datang aja ke Desa, soalnya ada bagian SDGs dan Puskesos Desa, meraka yang melayani untuk pengajuan KIS PBI maupun BPNT dan PKH,” ungkapnya.

Ia mengaku, untuk hasilnya tidak bisa dipastikan lolos atau tidak lolos, karena sifatnya disesuaikan dengan kriteria dan kuota yang yang dibutuhkan.

“Di KK nya jenis pekerjaannya harus buruh harian lepas, peluang lolosnya besar berbeda dengan pekerjaan wiraswasta maupun pekerjaan lainnya,” pungkasnya.(zak) 

Baca juga

Leave a Comment