fbpx

KPU Sedang Bahas Pengunduran Jadwal Pilkada Serentak

Maskot Pilkada Karawang 2020

KARAWANG-Imbas penyebaran Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) yang melanda Tanah Air, memberikan dampak negatif terhadap Pilkada serentak 2020. Bahkan, saat ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) sedang membahas wacana pengunduran jadwal pemilihan yang semula akan dilakukan pada 23 September 2020.

“Saat ini wacana untuk menunda Pilkada serentak 2020 sedang di bahas di KPU RI,” ujar Ketua KPU Kabupaten Karawang, Miftah Farid, Kamis (26/3/2020) saat dihubungi melalui ponselnya.

Saat ini, lanjut dia, ada beberapa tahapan Pilkada di Karawang yang ditunda, yaitu Pelantikan PPS, Verifikasi Faktual Perseorangan, Rekrutmen PPDP serta Pencocokan dan Pemutahiran Data Pemilih.

“Corona ini sangat berimbas terhadap jadwal tahapan Pilkada yang sudah ditentukan. Bahkan termasuk juga pembekuam sementara PPK,” ungkapnya.

Ia mengaku belum mengatahui hingga kapan akan dilakukan penundaan jadwal tahapan Pilkada. Sebab, hal itu masih menunggu keputusan dari KPU RI.

“Belum tahu sampai kapan. Kami tunggu keputusan KPU RI. Mungkin nunggu sampai masalah Corona selesai dulu,” ucap Farid.

Penundaan Tahapan Pilkada di daerah dilakukan berdasarkan Surat Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 179/PL.02-Kpt/01/KPU/III/2020 tentang Penundaan Tahapan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Wali Kota/Wakil Wali Kota Tahun 2020 dalam rangka pencegahan Covid-19.(zak)

Baca juga

Leave a Comment