KPU: Pemilu Serentak Tanggung Jawab Bersama

Ketua KPU Karawang, Miftah Farid

KARAWANG-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menyambut baik sudah ditetapkannya jadwal Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Pemilu serentak yang akan digelar tahun 2024 merupakan pesta demokrasi yang menjadi tanggung jawab semua pihak.

Ketua KPU Kabupaten Karawang, Miftah Farid mengatakan, perlunya peran serta dari pemerintah, penyelenggara pemilu hingga masyarakat untuk bahu-membahu menyukseskan kontestasi pesta demokrasi lima tahunan itu.

“Pemilu serentak ini adalah tanggung jawab bersama dan partisipasi seluruh pihak tentu sangat penting bagi suksesnya pemilu tersebut,” ujarnya.

Kini, lanjut Farid, pihaknya menunggu peraturan teknis, atau Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) terkait jadwal dan tahapan serta peraturan lainnya sebagai pedoman di tingkatan KPU Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

Pemerintah, DPR dan penyelenggara pemilu sudah sepakat jadwal pelaksanaan Pemilu 2024 yang disepakati dalam Rapat Kerja dan Rapat Dengar Pendapat terkait Penetapan Jadwal Pemilu Serentak 2024.

Untuk Pemilu, yakni memilih presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota, serta anggota DPD RI dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 14 Februari 2024.

Kemudian pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati serta wali kota dan wakil wali kota atau Pilkada Serentak 2024 diputuskan digelar pada 27 November 2024.(red)

Baca juga

Leave a Comment