Jalani Rapid Tes, 300 Siswa Polisi di Sukabumi Positif Corona

Polri Brigjen (Pol) Musyafak

SUKABUMI-Setelah menjalani rapid tes, sebanyak 300 siswa Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa) Lemdikpol Polri di Kota Sukabumi terindikasi positif terpapar Corona Virus Desease 2019 (Covid-19).

Kepala Pusat Kedokteran Kesehatan (Kapusdokkes) Polri Brigjen (Pol) Musyafak menjelaskan, perlu diketahui bahwa pelaksanaan rapid tes tidak menjamin yang bersangkutan positif Covid-19, karena akurasinya kurang lebih 80 persen dan itu tidak khusus covid-19. Oleh karena itu, 300 siswa tersebut diperlakukan dan ditangani seperti Orang Dalam Pemantauan (ODP) dengan diisolasi di asrama.

Para siswa, kata Musyafak, diberikan menu tambahan sekaligus obat daya tahan tubuh untuk menguatkan imunitas.

“Seperti kemarin kita lakukan pemberian injeksi vitamin 1.000 miligram dengan harapan ada daya tahan tubuh yang tinggi, kalau memang terinfeksi virus tubuh bisa mengcounter,” ujar Musyafak, Rabu (1/4/2020).

Dengan adanya kasus ini, proses belajar mengajar dihentikan. Sebanyak 1.250 siswa dipulangkan atau cuti.

Musyafak menyatakan meski 300 siswa ODP ini diisolasi di asrama, ia menjamin tak akan menularkan pada warga sekitar.

“Luas Setukpa 40 hektar dijamin masyarakat sekitar tidak akan terpapar karena 300 siswa ini diisolasi di dalam asrama yang ada di kita,” tandasnya.

Selama diisolasi di satu tempat, para siswa berolahraga dan juga berjemur.

“Masyarakat tidak perlu khawatir khususnya yang di sini. Sudah dilakukan foto rontgen dan hasil nya dalam batas normal,” tambah dia.

Setelah 15 hari, kata Musyafak, 300 siswa ini akan dilakukan tes swab untuk memastikan apakah mereka terkonfirmasi positif atau tidak.(red)

Baca juga

Leave a Comment