IBA-INDO LABOR CARE Berbuka Puasa Bersama Pekerja Mingran Indonesia di Malaysia

Tim IBA bersama para pekerja migran di Kuala Lumpur Malaysia menggelar acara buka bersama dan saling bertukar pemikiran

KUALA LUMPUR-Hampir 2 tahun penandatangan MoU antara IBA dan Bp2MI mengenai keikutsertaan IBA dalam  memperhatikan para pekerja migran Indonesia (PMI) di luar negeri. Sejak itu, IBA berkunjung ke Singapura dan Dubai, terakhir melakukan kunjungan ke Malaysia.

Dalam kunjungan ke Kulala Lumpur, Malaysia hadir pula Ketua umum IBA, Ibu Shan Shan bersama tim. Di negara Jiran itu mereka bersilaturahmi dan berbuka puasa bersama dengan para PMI.

Tim IBA bahkan melakukan acara berbuka puasa sebanyak 2 kali dalam 2 hari yang berbeda, dengan tetap menerapkan protokol Kesehatan. PMI yang hadir dalam acara berbuka berkecimpung dalam bidang yang berbeda, ada sektor buruh pabrik, konstruksi bangunan, asisten rumah tangga, juga kantoran.

Dalam kesempatan terdebut hadir beberapa pengurus dari organisasi masyarakat Indonesia yang ada di Malaysia, seperti Sarbumusi, Gerakan Pemuda Anshor, dan Pertimig.

Shan Shan, selaku ketua IBA, mengajak para PMI yang hadir untuk berbincang tentang kondisi mereka di negara Jiran. Selain itu, IBA juga mensosialisasikan  visi dan misi kemanusiaan kepada PMI yang hadir.

Dengan cara itu, diharapkan pemahaman PMI tentang IBA lebih luas lagi dan bisa disebarkan kepada para PMI lainya di Malaysia. “Fokus IBA dalam rangka memperhatikan pekerja migran Indonesia di luar negeri meliputi 3 aspek,” ujar Shan Shan.

Pertama, lanjut dia, memberikan bantuan bidang hukum. Jika ada PMI yang memerlukan pembelaan hukum IBA siap membantu.

Kemudian bantuan dalam bidang kesehatan. Ketika ada PMI yang sakit, seperti demam, sakit kepala, maag akut, dan sebagainya, IBA siap mengulurkan tangan.

Berikutnya adalah bidang edukasi. “Kami memahami PMI yang bekerja di luar negeri termotivasi oleh banyak hal. Salah satunya adalah ingin mencari rejeki lebih supaya anak dan keluarganya bisa sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Dalam hal ini kami ada koneksi universitas yang memungkin murid berprestasi Indonesia punya kesempatan untuk berkuliah di luar negeri, tentunya dengan saringan attitude dan skill dan prestasinya,” papar Shan Shan lebih lanjut.

Selain melakukan acara buka puasa bersama, Shan Shan dan tim juga mengadakan pertemuan terbatas dengan Kedutaan Besar Indonesia di Malaysia. Hadir dalam kegiatan itu Harry Irawan, selalu Koordinator Fungsi Ekonomi, dan Erga Grenaldi, selalu Atase Tenaga Kerja.

Dalam pertemuan ini, Shan Shan dan kedua perwakilan Kedubes RI saling berbagi informasi tentang apa yang bisa dimaksimalkan dan dikolaborasikan bersama.

Selesai acara di Malaysia, kini IBA tengah mempersiapkan acara serupa di negara lain, seperti Vietnam, Thailand, dan Kamboja guna bersilaturahmi serta lebih memahami kondisi PMI di negara-negara tersebut. Hasil kunjungan akan dijadikan sebagai bahan penyusunan program yang lebih relevan dan lebih bermanfaat.(red)

Baca juga

Leave a Comment