Hore, Tempat Wisata Purwakarta Dibuka

Wisata Sasak Panyawangan.

PURWAKARTA-Memasuki fase new normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), Pemerintah Kabupaten Purwakarta telah merekomendasikan serta menginzinkan sejumlah tempat wisata untuk kembali buka atau menerima kunjungan wisatawan.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, mengatakan, rekomendasi itu dikeluarkan setelah pihaknya melakukan peninjauan ke sejumlah lokasi wisata bersama tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 berkaitan kesiapan pelaksanaan protokol kesehatan oleh pengelola tempat wisata.

“Sebelumnya, sudah dilakukan pengecekan sebanyak 62 tempat wisata untuk diberikan rekomendasi dan kembali dibuka untuk umum mulai tanggal 27 Juni 2020 dengan ketentuan tetap menerapkan protokol kesehatan di lokasi maupun bagi pengunjungnya,” kata Anne, Sabtu (27/6/2020).



Meski demikian, rekomendasi tersebut hanya diperuntukan bagi wisata alam, edukasi, hingga kuliner. Sementara, ada beberapa tempat wisata yang masih belum dikeluarkan rekomendasi kembali dibuka, di antaranya tempat wisata air dan taman bermain anak hingga wahana taman bermain seperti di pusat perbelanjaan atau mal. Menurutnya, Dinas Kesehatan masih mengkaji risiko wisata air terhadap penularan Covid-19.

“Wisata air ini kan banyak, ada kolam renang, sungai, air terjun dan lain sebagainya. Kita sedang mengkaji regulasinya seperti apa, supaya nantinya tidak merugikan kita semua, Karena kita ketahui, anak-anak sangat rentan terpapar penyebaran Covid-19 ini,” terangnya.

Sementara, dari pantauan prasastijabar.co.id disalah satu lokasi wisata alam di Kabupaten Purwakarta yakni Sasak Panyawangan di wilayah kecamatan Tegalwaru, mulai kembali didatangi pengunjung.

Sebelumnya, lokasi yang berada diantara wisata alam lainnya yakni wisata alam Gunung Parang dan Gunung Bongkok tersebut, sempat sepi pengunjung akibat adanya imbauan pemerintah yang membatasi kegiatan masyarakat di tempat umum akibat situasi pandemi Covid- 19.

“Alhamdulilah, karena situasi sudah mulai normal kita bisa kembali liburan ke tempat wisata, dan mudah- mudahan situasi ini terus berlaku dan situasi benar- benar normal, tidak ada lagi pandemik seperti Covid- 19 lagi,” ujar Neng Alya (30), seorang pengunjung wisata alam Sasak Panyawangan.

Diketahui, wisata alam Sasak Panyawangan ini sebuah jembatan yang terbuat dari bambu serta berada di antara Gunung Bongkok dan Gunung Parang.

Objek wisata ini dibangun secara swadaya oleh pemuda setempat yang ingin menjadikan wilayah tersebut menjadi salah satu destinasi wisata di Kabupaten Purwakarta. (wes/tif).

Baca juga

Leave a Comment