Harga Bawang dan Telor Ayam Negeri Merangkak Naik

Suasana pasar Kosambi.

KARAWANG-Pada pekan ini, harga bawang merah dan bawang putih serta telor mulai kembali merangkak naik.
Kenaikan harga telor ayam negeri kini mencapai Rp24 ribu perkilogram dari harga sebelumnya hanya Rp 22 ribu per kilogramnya. Kenaikan itu dipicu kurangnya pasokan ke agen.

Menurut Dian, pengelola Waserda pasar Kosambi, mengatakan, dirinya kini menjual telor ayam negeri Rp24 ribu per kilogram. Padahal biasanya paling mahal dijual Rp 22 ribu per kilogramnya, ini pun untuk menyesuaikan ketentuan harga dengan para pedagang lainnya.

“Biasanya paling mahal jual Rp22 ribu per kilogram, sekarang saya harus menjual Rp24 ribu per kilogram karena harus menyesuaikan dengan pedagang lain,” ungkapnya kepada Prasastijabar.co.id, Selasa (8/9/2020).



Baca juga : Diduga Tipu Kontraktor, Kades di Karawang Diringkus Polisi

Ia mengatakan, kenaikan harga ini sudah terjadi pada agen. Mau tidak mau para pedagang harus menyesuaikan dengan cara menaikan harga jual. Kalau menjual di bawah harga, kemungkinan akan ada kerugian bagi Waserda. Belum lagi ia pun harus menjaga keseimbangan harga dengan para pedagang pasar lainnya.

“Kenaikan harga sudah dari agen, kita juga ikut naikan harga jual. Ini untuk menyesuaikan harga pasaran, kalau saya jual di bawah harga kemungkinan Waserda akan merugi, saya pun harus menjaga keseimbangan harga dengan para pedagang pasar,” ujarnya.

Seperti halnya jenis bawang merah dan bawang putih. Keduanya sudah mengalami kenaikan sejak satu minggu yang lalu imbas sulitnya pasokan jenis rempah untuk didapat.

Harga bawang merah normalnya Rp18 ribu per kilogram, kini menjadi Rp28 ribu per kilogramnya, dan untuk harga bawang putih dari harga sebelumnya hanya Rp20 ribu perkilogram, kini naik menjadi Rp25 ribu perkilogramnya.

“Harga kedua jenis bawang masih tinggi,” pungkasnya. (jat/tif).

Baca juga

Leave a Comment