Dua Kecamatan di Karawang Alami Kekeringan Parah

Ist kekeringan.

KARAWANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang, terus melakukan upaya dalam meringankan beban warga terdampak kekeringan. Dalam waktu sebulan, pemerintah telah mengirimkan 17 mobil tangki air bersih.

“17 tangki itu sudah dikirim ke dua kecamatan yakni Kecamatan Tegalwaru dan Pangkalan. Pengiriman kita sesuaikan dengan permintaan dari masyarakat,” kata Sekretaris BPBD Karawang, Supriatna kepada wartawan, Kamis (18/7).

BPBD mengatakan setiap tangki yang berkapasitas 5.000 liter air. “Kurang lebih sekitar 85 ribu liter air yang telah kita kirim,” katanya.

Setiap 5.000 liter diperuntukan untuk kebutuhan air bersih sebanyak 500 kepala keluarga (KK). “Memang ada perhitungan, jadi setiap 5.000 liter air bersih diperkirakan untuk 500 KK,” katanya.

Air bersih yang mereka berikan bekerja sama dengan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Tarum. “Sumber airnya dari PDAM,” ucapnya.

Supriatna mengakui terdapat 14 desa dari tiga kecamatan mengalami kekeringan di Karawang yakni Kecamatan Tegalwaru, Pangkalan dan Ciampel. (naz)

Baca juga

Leave a Comment