DPRD Karawang Diskusi Soal Ketahanan Pangan ke Subang

Penyerahan plakat dari Pansus Raperda Ketahanan Pangan DPRD Kabupaten Karawang kepada DPRD Kabupaten Subang

KARAWANG-Pansus Raperda Ketahanan Pangan DPRD Kabupaten Karawang melakukan kunjungan kerja ke DPRD Kabupaten Subang, Selasa (15/9/2020). Kegiatan ini merupakan lanjutan study banding ke daerah-daerah dalam Provinsi Jawa Barat, yang sebelumnya juga dilakukan kunjungan ke DPRD Kabupaten Bekasi.

Ketua Pansus Raperda Ketahanan Pangan DPRD Kabupaten Karawang, Dedi Rustandi mengatakan, kedatangannya ke DPRD Kabupaten Subang untuk mengkaji lebih dalam terkait regulasi serta pelaksanaan ketahanan pangan. Sehingga Raperda Ketahanan Pangan yang saat ini sedang dibahas DPRD Kabupaten Karawang bisa memenuhi segala aspek yang dibutuhkan masyarakat.

Ia mengungkapkan, sebagai lumbung padi Karawang memang memiliki stok beras yang cukup. Namun belum untuk masalah yang berkaitan dengan pangan lainnya.



“Memang Karawang sedikit menonjol soal wilayah pertanian dan ketersediaan beras.
Tapi kami juga ingin membahas hal lainnya terkait ketahanan pangan, seperti daging, ikan, palawija, rempah dan lain-lain. Apalagi Kabupaten Subang sebagai Daerah dengan ketahanan pangan terbaik ke dua di Jawa Barat,” kata dia.

Kabupaten Subang sendiri, lanjut Derus, sapaan akrab Dedi Rustandi, cukup menonjol pada sektor peternakan, perikanan dan Palawija. Sehingga ketersediaan daging dan ikan di Kota Nanas tersebut cukup melimpah.

“Peternakan, perikanan dan Palawija (sayuran) di Subang cukup bagus, bahkan bisa mensuplay ke daerah lain,” ungkapnya.

Sementara, Ketua Bapemperda DPRD Kabupaten Subang, Lufti Isror mengatakan, wilayahnya memang fokus kepada pengembangan peternakan dan perikanan. Hal itu pun membuat stok daging dan ikan cukup melimpah.

“Peternakan dan perikanan di Subang ini sudah menjadi bagian dari usaha masyarakat. Bahkan kami bisa mensuplay daging dan ikan ke daerah-daerah lain, baik di Jawa Barat hingga ke provinsi lain,” tandasnya.(zak)

Baca juga

Leave a Comment