fbpx

Disdukcapil Cianjur Tutup Ruang Gerak Calo KTP dan KK

Antrean pembuatan data kependudukan di Disdukcapil Cianjur

CIANJUR-Pasca penangkapan sepuluh orang oknum calo KTP dan KK, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur memperketat proses pengurusan adminidstrasi kependudukan. Bahkan kini hanya melayani kuota percetakan E-KTP sebanyak 250 kuota.

Plt Kepala Disdukcapil Kabupaten Cianjur, Popon Ajizah menjelaskan, untuk mempersempit ruang gerak percaloan pihaknya akan membatasi ruang masuk tempat pelayanan.

“Nanti untuk masuk ke ruangan pelayanan akan dibatasi dan hanya untuk yang perekaman juga keperluan admistrasi lainnya,” katanya, Selasa (17/1/2020).

Baca Juga: Polres Cianjur Tangkap 9 Bandar Narkoba

Selain itu, lanjut Popon, upaya mempersempit ruang gerak calo di Disdukcapil dilakukan mulai dari pendaftaran dan pengambilan nomor antrean. Dari yang semula dibuka sejak pukul 06.30 WIB, kini menjadi pukul 07.30 WIB.

“Pembukaan pendaftaran dan nomer antrean harus dilakukan oleh sendiri dan dibuka saat ramai. Sehingga para calo tidak memiliki kesempatan untuk ikut mengambil nomor antrean,” katanya.

Popon menambahkan, hingga hari ini untuk pelayanan percetakan E-KTP akan disediakan sebanyak 250 keping per harinya. Karena, pekan lalu Disdukcapil mendapatkan distribusi blanko dari Pemerintah Pusat sebanyak 10 ribu keping, dari yang biasanya hanya ratusan hingga 4.000 keping dalam sekali pengajuan distribusi blanko.

“Dengan banyaknya kuota per hari, upaya memperketat proses pencetakan diharapkan tidak ada celah bagi calo untuk memanfaatkan penambahan kuota tersebut,” tegasnya.

Pihaknya menambahkan, Disdukcapil memberikan imbauan pada warga yang mengurus administrasi kependudukan untuk memproses sendiri kebutuhannya dan tidak melalui calo.(zie/zak)

Baca juga

Leave a Comment