Diduga Ada Pelanggaran Pidana Pemilu, Kasus Kusnaya Dibahas Gakkumdu Hari Ini

Komisioner Bawaslu Divisi Data dan Hukum Bawaslu Kabupaten Karawang, Suryana Hadi Wijaya.

KARAWANG-Calon Legislatif DPR RI Dapil VII dari Partai Perindo, EK. Budi Santoso alias Kusnaya, mendatangi kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Karawang, Senin (24/6/2019) kemarin untuk melaporkan kronologis kasus dugaan jual beli suara pada Pemilu 2019 yang diduga melibatkan seorang oknum KPU Kabupaten Karawang, AM, dan 12 Panitia Pemlihan Kecamatan (PPK).

Hasilnya, Komisioner Bawaslu Kabupaten Karawang, Roni Rubiat Machri, mengatakan, dari hasil pengaduan Kusnaya maka patut diduga ada dua pelanggaran, yakni dugaan pelanggaran kode etik dan dugaan pelanggaran pidana pemilu.

“Hari ini untuk dugaan pelanggaran pidana pemilu akan dibahas di Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu),” kata Roni kepada Prasastijabar.com, Selasa (25/6/2019).

Komisioner Bawaslu Divisi Data dan Hukum Bawaslu Kabupaten Karawang, Suryana Hadi Wijaya, menjelaskan, kehadiran Kusnaya selain menceritakan kronologis kejadian yang dialaminya, Kusnaya juga menyerahkan sejumlah barang bukti kepada Bawaslu.

“Kami mengundang yang bersangkutan untuk menceritakan kronologis kejadian dari awal sampai akhir, dan ia juga datang dengan menyerahkan sejumlah barang bukti kepada kami,” ungkap Suryana menjelaskan.

Menurut Suryana, dari hasil pertemuan dengan Kusnaya dan mendengarkan kronologis kejadian, Bawaslu akan secepatnya melakukan pembahasan dalam rapat pimpinan untuk kemudian mendapatkan sebuah hasil keputusan untuk mengambil langkah selanjutnya.

“Dalam rapat pimpinan ini, kita akan membahas dan melakukan pengkaji terkait permasalahan ini, kasus ini bisa berkembang bisa tidak dengan melihat bukti-bukti yang ada nantinya,” ulasnya lagi.

Kemudian setelah dari rapat pimpinan Bawaslu Kabupaten Karawang, lanjutnya Suryana, hasilnya akan dikonsultasikan terlebih dahulu kepada Bawaslu Jawa Barat.

“Kita akan konsultasi hasil rapat kami dengan Bawaslu Jawa Barat, secepatnya akan kita tentukan hasilnya,” pungkasnya. (tif).

Baca juga

Leave a Comment