Besaran Anggaran Pilkada Dijamin Tak Ganggu Capaian RPJMD

Asep Ibe

KARAWANG-Belum lama ini Pemkab Karawang telah menadatangani dana hibah untuk Pilkada Karawang 2020 sebesar Rp97,9 miliar. Besaran anggaran Pilkada tersebut dijamin tidak mengganggu capaian Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) di tahun 2020.

“Insya Allah tidak mengganggu untuk capaian RPJMD,” kata anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Karawang, Asep Ibe, kepada Prasastijabar.com, Selasa (8/10/2019).

Menurut Asep Ibe, pihaknya bersama TAPD telah mencermati dan mengkaji pagu yang disodorkan KPU Kabupaten Karawang dan Bawaslu Kabupaten dengan dampaknya terhadap anggaran di pos-pos OPD lainnya.

“Tentunya akan disiasati dengan efisiensi anggaran di pos OPD dan optimalisasi pendapatan daerah,” ucap politikus Golkar Karawan ini.

Asep Ibe menjelaskan, efisiensi dilakukan pada pos belanja yang tidak langsung bersentuhan dengan masyarakat. Misalkan di belanja langsung seperti makan minum, pembelian ATK dan mebeulair dan lainnya yang berhubungan dengan umum dan pemerintahan.

Begitu juga di belanja tidak langsung yang berkaitan dengan gaji pegawai dengan akan dilakukannya perampingan struktur yang dampaknya ada efisisen di gaji dan tunjangan (TPP-red) pegawai.

“Sehingga tidak mempengaruhi capaian RPJMD dengan adanya dampak belanja modal untuk Pilkada ini,” tutupnya. (red).

Baca juga

Leave a Comment