Belum Beroperasi, Bus Purwakarta-Jakarta Tunggu Kebijakan New Normal

Sejumlah bus masih terparkir di PO Wargabaru karena belum beroperasi

PURWAKARTA-Sejumlah terminal di Jakarta belum sepenuhnya dibuka akibat masih menunggu keputusan dari pemerintah DKI Jakarta terkait pemberlakuan new normal. Imbasnya, sejumlah perusahaan bus angkutan umum di daerah pun belum kembali beroperasi.

Seperti halnya pada Perusahaan Otobus (PO) Warga Baru yang sebagian besar armada bus nya masih terparkir di terminal bus Ciganea-Purwakarta.

“Sejak dua bulan terakhir kami tidak beroperasi dampak Covid-19, sekarang kami masih menunggu arahan dari pusat,” ungkap pengurus PO Warga Baru, Rajab di Terminal Ciganea, Purwakarta, Senin (8/6/2020).

Belum kembalinya sebagian besar armada bus Warga Baru, tutur Rajab, disebabkan terminal Kampung Rambutan Jakarta yang selama ini menjadi rute tetap armadanya belum di ijinkan kembali beraktivitas oleh pemerintah DKI.

“Saat ini hanya baru sebagian terminal yang sudah buka, seperti terminal pulo gadung dan cililitan, sementara kampung rambutan, belum dibuka,” tuturnya.

Sebelumnya, akibat penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) jumlah armada yang keluar sempat dibatasi sehingga berimbas pada kenaikan ongkos.

Namun, Rajab memastikan, jika situasi kembali normal serta bus dapat semua kembali beroperasi, maka ongkos pun akan kembali normal.

“Kenaikan ongkos Purwakarta-Kampung Rambutan sampai RP 35. 000 dari sebelumnya Rp25.000. Itu terjadi karena ada aturam jumlah penumpang dikurangi hingga 50% dari total kapasitas Bus, tapi nanti kalau sudah normal, ongkos juga kembali normal juga,” jelasnya.

Hingga kini, pihaknya belum menerima kabar pasti terkait waktu pasti, kembali dibuka nya sejumlah terminal di Jakarta.

Namun ia memastikan, sejumlah pasilitas di dalam bus sudah mengikuti protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 sesuai imbauan dari pemerintah.

“Protokol kesehatan , pasti diterapkan, seperti menyediakan hand sanitizer dan wajib mengenakan masker bagi pengemudi maupun penumpang,” ucapnya.

Diketahui, belum lama ini sejumlah armada bus lainnya sudah kembali beroperasi serta melintasi kota Purwakarta diantaranya PO Primajasa yang melayani penumpang jurusan Bekasi-Singaparna/Tasikmalaya.(wes/zak)

Baca juga

Leave a Comment