Begini Kronologi Kebakaran TPAS Jalupang

KARAWANG-Tempat Pemrosesan Akhir Sapah (TPAS) Jalupang di Desa Wancimekar, Kecamatan Kotabaru, Kabupaten Karawang mengalami bencana kebakaran cukup hebat pada Sabtu (28/10/2023) siang. Peristiwa tersebut pun menggegerkan warga karena asap yang tertiup angin kencang masuk ke area pemukiman.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Karawang, Wawan Setiawan, memaparkan kronologi peristiwa kebakaran TPAS Jalupang tersebut.

“Titik api diketahui pertama kali oleh pemulung pada pukul 11.45, di TPAS Jalupang ujung sebelah kanan dekat dengan Intalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT),” papar Wawan, Minggu (29/10/2023).

Ia melanjutkan, informasi temuan titik api kemudian dilaporkan kepada operator di lapangan. Selanjutnya dilakukan upaya pemadaman dengan menggunakan Alkon sebanyak empat unit dan dibantu excavator.

“Operator di lapangan segera menghubungi BPBD untuk meminta bantuan pemadaman. Untuk penyebab kebakaran sementara belum diketahui secara pasti,” ujarnya yang juga Plt Kasatpol PP Karawang ini.

Ia membeberkan, kendaraan pemadam Damkar BPBD Karawang sebanyak dua unit tiba di lokasi membantu upaya pemadaman, namun karena angin yang cukup kencang, api semakin membesar dan meluas membakar tumpukan sampah di TPAS Jalupang.

“Untuk mendukung layanan kesehatan kepada para petugas di lapangan serta warga masyarakat sekitar, kami menerima bantuan tenaga medis dan ambulan serta alat kesehatan (masker) dari UPTD Puskesmas Kotabaru,” katanya.

Berkat dukungan dari berbagai pihak, upaya pemadaman terus dilakukan sampai dengan tengah malam dan titik api perlahan sudah mulai berkurang.

“Kondisi saat ini, Minggu (29/10/2023), titik api sudah mulai berkurang dan proses pendinginan masih terus dilakukan dengan penyiraman dibantu Damkar BPBD Karawang dan warga masyarakat sekitar dengan menggunakan Alkon,” tutupnya. (zak) 

Baca juga

Leave a Comment