fbpx

Bea Cukai Musnahkan Ribuan Rokok dan Liquid Vape

PURWAKARTA – Ribuan batang rokok dan liquid vape ilegal dimusnahkan di Halaman Kantor Bea Cukai Purwakarta Jalan Bukit Akasia Bukit Indah Cikampek (BIC), Kamis (5/12/2019). Barang yang tidak dilekati pita cukai tersebut didapat dari hasil penindakan cukai di wilayah Kabupaten Purwakarta, Subang dan Karawang dalam kurun waktu April 2018 hinga Juli 2019.

“Total barang yang kita musnahkan sebanyak 42.112 batang rokok dan 2.650 mililiter liquid atau dengan nilai kerugian negara sebesar Rp 42.964.600 dan Rp 17.351.440, ” Ujar Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean A (KPPBC TMP A) Purwakarta, Guntur Cahyo Purnomo kepada awak media.

Baca Juga: Masuki Musim Penghujan, Wilayah Wanayasa Siaga Bencana

Dalam kurun waktu tersebut, ditambahkan Guntur, jajarannya telah melakukan penindakan sebanyak 29 kali atas pelanggaran ketentuan UU No 39 tahun 2007 tentang cukai di wilayah pengawasan yang meliputi Kabupaten Purwakarta, Karawang dan Subang.

“Penindakan ini tidak terlepas dari bantuan dan kerjasama dengan sejumlah intansi terkait, antara lain; pihak Kepolisian, Kejaksaan, TNI, dan Pemerintah Daerah dalam hal ini Satpol PP,” ungkapnya.

Baca Juga: Forum Kepsek SMK Swasta Sesalkan Ada Pelajar Terlibat Jaringan Narkoba

Diketahui, pemusnahan barang sitaan tersebut berdasarkan surat Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Purwakarta nomor: S-26/MK 6/WKN 08/KNL.04/2019 tanggal 17 September 2019 tentang Persetujuan Pemusnahan Barang yang Menjadi Milik Negara pada KPPBC Tipe Madya Pabean A Purwakarta.

Lalu, Hasil Tembakau (HT) dan Hasil Pengolahan Tembakau Lainnya (HPTL) yang melanggar ketentuan
perundang-undangan di bidang cukai tersebut kemudian ditetapkan menjadi Barang Milik Negara (BMN).

“Pelaksanaan pemusnahan BMN hasil tembakau dan hasil pengolahan tembakau lainnya dilakukan dengan cara dibakar kemudian ditimbun dalam tanah,” pungkasnya.(wes/zak)

Baca juga

Leave a Comment