Bawa 4Kg Ganja, Empat Warga Bekasi Diciduk Satnarkoba Polres Karawang

KARAWANG-Empat warga Kabupaten Bekasi tertangkap basah oleh Satnarkoba Polres Karawang membawa Narkoba jenis ganja di Jalan Tarumanegara, Karawang Barat, Rabu dini hari (25/8/2021). Dari tangan mereka petugas mengamankan barang bukti ganja seberat 4 Kg.

“Mereka ditangkap di depan SPBU Desa Wadas, Kecamatan Telukjambe Timur, tanpa perlawanan berarti,” ujar Kapolres Karawang, Ajun Komisaris Besar Aldi Subartono melalui Kasat Narkoba, Ajun Komisaros, Aji Setiaji.

Ke empat tersangka itu adalah Lupi alias Iwan (39) warga Kampung Cibitung Timbangan, Desa Telagaasih, Kecamatan Cikarang, Kabupaten Bekasi. Abdul Suryana (38) warga Kampung Cerewet, Kelurahan Duren Jaya, Kabupaten Bekasi. Abi Wahid alias Wahid (22) warga Kampung Babakan, Desa Muara Bakti, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi dan Solihin alias Lihin (38) warga Kampung Cibitung Timbangan, Desa Telagaasih, Kecamatan Cikarang, Kabupaten Bekasi.

“Ganja yang mereka bawa disimpan di dalam kantong plastik. Ganja dikemas menjadi empat  bagian dalam kertas berlakban,” ujar Aji.



Dijelaskan, selain menyita barang bukti ganja, polisi juga mengamankan satu unit mobil yang digunakan para tersangka. Saat ini semua tersangka berikut barang bukti sudah berada di Mapolres Karawang.

Menurut Aji, penangkapan para tersangka berawal saat tim Satnarkoba Polres Karawang dan Polsek Kota Karawang sedang melakukan patroli di jalan akses tol Karawang Barat. Saat itu petugas merasa curiga terhadaap adanya sekumpulan orang  di pinggir jalan depan SPBU.

“Saat kami hampiri, mereka malah melarikan diri. Kami kejar dan berhasil ditangkap,” ujar Aji lebih lanjut.

Dijelaskan pula, petugas lantas memeriksa kendaraam yang mereka bawa. Ternyata di dalamnya ditemukan ganja kering siap edar.

“Kami mengamankan pula satu unit ponsel milik tersangka Lupi yang digunakan sebagai alat komunikasi dengan Boy (DPO) untuk mengarahkan pengambilan ganja itu,” ucap Aji.

Dari hasil pemeriksaan sementara terhadap para tersangka,  ganja yang mereka bawa rencananya akan diedarkan di Kabupaten Karawang. Saat dites urine, mereka positif menggubakan amphetamine,” jelas Aji.

Ke empat tersangka bakal dijerat pasal 114 (2) jo 111 (2)  jo 132 UU No 35 Tahun 2009 tentang narkotika. Ancaman hukumannya adalah penjara minimal 6 tahun dan maksimal hukuman mati.(Dodo Rihanto)


Baca juga

Leave a Comment